DaerahJawa Barat

Dorong Pangsa Pasar Produk UMKM, Mahasiswa KKN UNSIKA Bersama Dosen Abdimas Gelar Seminar

KKN Mahasiswa UNSIKA

KARAWANG, JabarNet.com –  Mahasiswa KKN UNSIKA gelar Seminar ” Pelatihan Media Sosial dan Online Shop ” untuk Perluasan Pangsa Pasar Produk UMKM Skala Kecil.

Kegiatan seminar oleh Mahasiswa KKN UNSIKA bersama dengan dosen abdimas Chaerur Rozikin, S.Kom., M.Kom. dan Ultach Entri, S.Kom., M.kom.

Seminar diadakan bertempat di Kantor Desa Malangsari, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Kamis (25/8/2022).

Dihadiri tokoh masyarakat, perwakilan perangkat Desa, para pelaku UMKM di Desa Malangsari, dan perwakilan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNSIKA sebagai pihak pendukung dalam terselenggaranya kegiatan tersebut.

Muhammad Ihsan Muttaqin  Koordinator Desa KKN Desa Malangsari menjelaskan, Seminar dilaksanakan oleh kelompok UMKM memaparkan 3 Materi yaitu materi pertama mengenai Media Sosial dan Online Shop, materi kedua mengenai Packaging dan Pemasaran, dan materi ketiga tentang Hak-Hak Konsumen dan Perizinan.

Tujuannya untuk mengenalkan sekaligus memberikan pelatihan mengenai Media Sosial dan Online Shop seperti Instagram, Facebook, Shopee, dan platform usaha lainnya.

Muhamad Ihsan menjelaskan terkait materi packaging dan pemasaran untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM.

” cara membuat packaging produk agar lebih menarik dan juga cara melakukan pemasaran produk agar bisa menjangkau lebih luas lagi.

” Kemudian materi Hak-Hak Konsumen dan Perizinan, diperuntukkan untuk memberi tahu apa saja Hak-Hak Konsumen dan cara melakukan perizinan seperti izin berusaha,” Tandasnya.

Sementara terkait kegiatan para peserta terlihat sangat antusias mengikuti seminar.

Hasil dari seminar ada pula yang mulai melakukan peningkatan pada usahanya, dan mendapat dukungan dari aparatur desa bahwa kegiatan sangat membantu pelaku UMKM didesa Malangsari terutama dalam peningkatan usaha dan ekonomi. (Mar)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *