DaerahJawa Barat

Pengidap HIV di Karawang Terus Meroket, Dinkes Bidik Pelajar Dan Mahasiswa Untuk di Tes

Yayuk Sri Rahayu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Karawang

KARAWANG, JabarNet.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang berencana menggelar tes HIV terhadap pelajar dan mahasiswa.

Wacana itu merupakan program peningkatan upaya Dinkes mencegah penularan HIV yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Karawang, Yayuk Sri Rahayu menyampaikan, ketersediaan Pusat Kesehatan hingga fasilitas pendukungnya untuk menopang program peningkatan upaya pencegahan HIV.

“Untuk di Kabupaten Karawang, 50 Puskesmas sudah bisa melakukan deteksi dini dan 7 Puskesmas sudah bisa melakukan penanganan. Dan untuk di rumah sakit, dari 25 rumah sakit itu 10 sudah bisa melakukan deteksi dini, kemudian 2 rumah sakit sudah bisa melakukan pengobatan,” ungkapnya, Rabu (28/09).

Lebih lanjut Yayuk juga akan memperluas  penemuan suspek dapat dilakukan oleh semua Puskesmas dan 10 rumah sakit yang ada di Kabupaten Karawang.

“Ke depannya, kita akan melakukan perluasan, semua rumah sakit harus bisa melakukan deteksi dini, dari 10 menjadi 25 rumah sakit. Termasuk Puskesmas, tahun ini sebanyak 11 Puskesmas akan dikembangkan menjadi Puskesmas PDP (Perawatan Dukungan Pasien) HIV.  Dan bulan depan kita akan mulai pelatihan,” ujarnya.

Dan ia juga menjelaskan, yang menjadi sasaran deteksi dini HIV, diantaranya mulai dari ibu hamil, penderita TB, penderita infeksi penyakit seksual, WPS (Wanita Pekerja Seksual), LSL(Lelaki sama Lelaki) hingga transgender.

“Itu semua harus kita lakukan pemeriksaan, mulai di Puskesmas hingga rumah sakit. Jika terdeteksi, kita akan langsung tangani dengan memberikan obat ARV, konseling, penyuluhan dan memastikan semua mau diobati terus dan jangan sampai ada yang lost follow up,” katanya.

Kemudian, ia juga mengatakan bahwa selain tes HIV yang dilakukan sebelum melakukan pernikahan, dengan arahan dari pusat ke depannya akan dilakukan tes HIV untuk pelajar dan mahasiswa, guna screening penderita HIV di Karawang.

“Untuk sampai saat ini, tes HIV baru menjadi persyaratan yang ingin menikah saja. Mungkin ke depannya, jika pusat mengarahkan untuk melakukan tes HIV untuk syarat pendidikan, kita akan lakukan,” ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki beberapa gejala dugaan HIV, jangan ragu dan segera melakukan tes HIV di Puskesmas dan rumah sakit terdekat agar dapat secepatnya diberi penanganan.

“Ya, kita bicara bukan soal satu atau dua nyawa, ini untuk kita semua dan generasi penerus bangsa yang sehat juga. Jadi, jangan takut untuk melakukan tes HIV agar anak-anak kita atau saudara kita yang tidak mengetahui apapun tiba-tiba tertular,” pungkasnya.(red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *