DaerahJawa Barat

Akibat Pasokan Menipis, Komoditas Harga Cabai Melonjak Naik di Pasar Karawang

KARAWANG, JabarNet.com– Memasuki pekan kedua bulan Juni 2022, harga komoditas cabai di Kabupaten Karawang semakin melonjak naik.

Seperti halnya terjadi di pasar Baru Karawang, dampak dari kenaikan harga tersebut sejumlah pedagang mengurangi pasokannya, karena kurangnya pembeli.

” Betul hari ini sedang melonjak tinggi harga cabai, pembeli juga berkurang, nah sebagai pedagang saya mengurangi pasokan, biasanya 30 Kg Perhari saat ini hanya 10 Kg khawatirkan banyak yang buruk,” Ungkap Salahsatu Pedagang Pasar Baru Karawang kepada JabarNet.com, (13/6).

Ditempat yang berbeda, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Perdagangan Disperindag Kabupaten Karawang Gery Sigit Samrodi ,S.H. mengatakan harga komoditas cabai naik dipekan kedua bulan Juli 2022 tercatat ,di antaranya cabai rawit merah Rp 100.000/kg, cabai rawit hijau Rp 70.000/kg, cabai merah kriting Rp 70.000/kg.

” Harga komoditasi cabai meningkat semenjak di bulan juni karena persediaan Cabai di pasar Kabupaten Karawang semakin hari tingkat persediaan semakin mengurang,” Kata Gery.

Menurutnya, persediaan tersebut akibat meningkat nya harga cabai di berbagai daerah dan menurunnya pasokan dari petani.

“oleh karena itu dengan meningkatnya harga cabai pembelian pedagang mengurangi jumlah persediaan untuk di jual ke masyarakat,” Jelasnya.

” Sementara Persediaan dan kebutuhannya cabai di Karawang yaitu, persediaan cabai rawit merah pada hari ini 0,309 ton per hari, sedangkan kebutuhan cabai per harinya mencapai 4,37 ton,” Terangnya.

Gery menyampaikan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui yang menjadi penyebab komoditas harga cabai naik di Karawang.

“namun terus kita lakukan komunikasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang (DPKP) untuk menemukan penyebabnya harga cabai di pasaran melonjak tinggi. Apakah karena mahal dari bibit, pupuk ataupun dari kendala yang lainnya, Jadi sampai hari ini kami belum mengetahui penyebab pasti nya,” Pungkasnya (YM)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *