DaerahJawa Barat

Stop Kekerasan Terhadap Anak, DP3A Karawang Bentuk Tim Perlindungan Di 5 Desa

KARAWANG, JabarNet.com– Upaya mencegah kekerasan terhadap anak dan perempuan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (DP3A) Kabupaten Karawang bentuk tim PATBM (Pembentukan Perlindungan Terpadu Berbasis Masyarakat) di 5 Desa.

Pada kesempatan kali ini pembentukan PATBM Desa Bayur Kidul, Kecamatan Cilamaya Kulon yang di hadiri berbagai tokoh masyarakat, digelar di Indo Alamsari, Karawang (selasa (14/6).

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap perempuan dan anak DP3A Karawang Hesti Rahayu mengatakan, Kegiatan ini merupakan pembentukan, dengan program PATBM masyarakat bisa melaporkan apabila terjadi kekerasan pada perempuan dan anak.

” Bila terjadi kekerasan terhadap anak dan perempuan dan di Desa tersebut tidak ada PATBM, masyarakat bisa melaporkan langsung ke Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Area Islamic Center atau ke Satgas P2TP2A disetiap Kecamatan yang sudah terbentuk,” Ujarnya.

Menurut Hesti, Program ini pada tahun 2022 di rencanakan 5 daerah pembentukan di 5 Kecamatan tepatnya di 5 Desa wilayah Kabupaten Karawang.

” Hari ini sudah 2 Desa terbentuk, yaitu di Kelurahan Tanjung Pura dan Desa Buyur Kidul. Mengapa kita prioritas kan Hanya 5 daerah, karena di 5 daerah inilah rawan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” Ungkapnya.

“Nanti disetiap PATBM yang terbentuk dibantu oleh unsur masyarakat baik Babinsa, Kamtibmas, tokoh agama, kepala desa, bidan desa dan lainnya,” Terangnya.

Sehingga dengan dibentuknya PATBM Hesti menegaskan, hal ini tak lain upaya pencegahan dan mengurangi kekerasan terhadap anak dan perempuan.

” Intinya di harapkan mengurangi kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta melakukan perlindungan secara khusus terhadap korban kekerasan, ” Tandasnya. (YM)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *