DaerahJawa Barat

Kampung Nila Kini akan Hadir Di Karawang, Destinasi Wisata Terbaru 2022


KARAWANG, JabarNet.com– Dinas Perikanan Kabupaten Karawang akan menampilkan ciri khas menarik di tahun 2022, dengan program Kampung Nila di wilayah pesisir pantai sedari.

Rencana tersebut diungkapkan Nur Ridwan Solihin Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Karawang,yang memang mayoritas masyarakat Desa Sedari mempunyai ciri khas khusus dalam membudidaya ikan.

“yaitu dengan mengembangkan budidaya Ikan Nila Salin. dimana Ikan Nila bisa hidup di air asin, salin itu dari kata salinitas,” Ucap Nur Ridwan, saat ditemui dikantornya, Kamis (6/1/2022).

Sebenarnya, lanjut Nur Ridwan, melihat dari beberapa wilayah di karawang, daerah yang mayoritas nya budidaya ikan nila. Setelah di tinjau, ternyata Desa Sedari yang secara wilayah cocok untuk di jadikan objek nya.

“disana para peternak ikan nila mempunyai tambak yang cukup luas, sekitar 250,6 hektar yang di jadikan pusat budidaya ikan nila .”ujarnya

Di wilayah sedari sendiri mempunyai Destinasi Wisata yang cukup familiar, yaitu pantai sedari. Punya objek yang strategis, pariwisata bisa sekalian berkunjung juga ke Kampung Nila.

” Semoga dengan adanya program ini, masyarakat antusias. Di sisi lain berlibur ke pantai sedari, tetapi mereka bisa menikmati juga wahana ikan nila. dan anak-anak bisa terhibur dengan banyak nya ikan-ikan yang terhampar di tambak.”katanya

Program ini bekerja sama langsung dengan BLUPPB, Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang, Dinas Perikanan Karawang, dan Direktorat jenderal perikanan budidaya KKP, guna meningkatkan kualitas Ikan Nila.

” Kelompok Budidaya harus di bimbing secara langsung oleh Pemerintah daerah maupun pusat, karena ini mengundang investor untuk tertarik. Setelah di coba olahan Ikan Nila ini sangat cocok seperti ala japan, yaitu sushi. Disini Investor tertarik, dan bisa bekerja sama lalu di distribusikan ke beberapa restoran.”tambahnya.

Nur Ridwan menjelaskan, dalam budidaya Ikan Nilai terbagi beberapa kelompok, total sudah ada 76 orang yang terdaftar.

” Ada nya kelompok ini, para peternak nanti di beri bimbingan serta bersertifikat agar menjadi daya jual yang tinggi,” Tuturnya

Ia berharap dengan adanya Kampung Nila, para budidaya ikan nila bisa meningkatkan perekonomian di kalangan masyarakat sekitar.

” Dan mampu berdaya saing yang handal ketika bersaing di pasar nasional serta membawa harum Kota Karawang yang mempunyai ciri khas khusus dalam budidaya perikanan.”pungkasnya. (YM)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *