DaerahJawa Barat

Makmurkan Desa Sukamakmur, Kades Dede S Siapkan Rencana Kerja Tahun 2022

 

KARAWANG, JabarNet.com– Sebagai pemimpin memeberi memberi kemakmuran bagi masyarakatnya merupakan sebuah keniscayaan, begitupun dengan Dede Sudrajat.

Dede Sudrajat sebagai seorang Kepala Desa Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Timur menyiapkan sejumlah program kerja, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa yang dipimpinnya.

Dalam kesempatan wawancara dengan JabarNet.com di kantornya, Senin 17-Januari- 2022, ia membeberkan sejumlah program pembangunan yang dilaksanakan tahun 2022.

“Berdasarkan RPJMDes tahun ini ada banyak program yang akan kami garap,” ujar Dede Sudrajat.

Beberapa program yang diunngulkanpun disebut Dede akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Desanya, terlebih pasca Pandemi COVID-19 sempat melumpuhkan sendi – sendi ekonomi, bukan hanya di Desa Sukamakmur tapi seluruh Indonesia.

“Rencananya tahun ini kita bangun tempat wisata lokal, kita akan manfaatkan lahan yang cukup luas dibantaran sungan Citarum yang ada diwilayah Sukamakmur,” katanya.

“Diharapkan ini bisa menjadi wasilah meningkatnya perputaran ekonomi di Desa Sukamakmur,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia juga sudah membeli perahu karet, pasalnya disejumlah titik wilayah Desa Sukamakmur yang dekat dengan sungai Citarum yang bersimpangan dengan sungan Cibeet kerap kebanjiran, satu unit perahu karet dibeli menggunakan anggaran Desa disiapkan.

“Alhamdulilah kemarin kita sudah belanja perahu karet, ini antisipasi untuk evakuasi warga jiga terjadi banjir, memang dua Kampung di Desa kami sering kebanjiran,” ungkapnya.

Menyadari sejumlah kampung di Desa yang dipimpinnya, Dede juga membentuk tim satgas banjir Desa Sukamakmur, yang nantinya bertanggungjawab atas perahu karet yang dibelinya.

“Kitapun akan bentuk semacam tim satgas banjulir di Desa Sukamakmur,” katanya.

Sejumlah program pembangunan seperti jalan, draenasi hingga TPS tak luput dicanangkan dibangum tahun 2022, hal ini semata – mata untuk menopang kemakmuran warga Desa Sukamakmur.

“Sejumlah titik jalan yang belum kebangun kita akan selesaikan, draenase juga demikian, serta TPS di dua Dusun kita sudah ajukan ke Dinas terkait untuk dibangun tahun ini,” ungkapnya.

Dibidang agama, Dede juga sudah meresmikan sebuah masjid dilingkumgan Desanya, dengan bertambahnya masjid di wilayah Desa diharapkan mampu memberi kenyamanan masyarakat dalam beribadat, yang nitabene muslim.

“Alhamdulilah kemarin kita sudah resmikan mesjid,” tandasnya. (red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *