DaerahJawa Barat

Kemenag Karawang Pastikan Kerukunan Umat Beragama Terjaga

 


KARAWANG, JabarNet.com – Menjaga kerukunan umat beragama merupakan salah satu program prioritas Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang.

Pasalnya, keberagaman agama, budaya, suku dan bahasa merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus dirawat dan dijaga persatuannya.

Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat Kemenag Kabupaten Karawang, Yaqub Rubi Al Fauzi mengatakan, jika kerukunan umat di Kabupaten Karawang masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

“Dilingkungan masyarakat lebih mementingkan kebersamaan, bukan lagi perbedaan, terbukti hari ini masyarakat Karawang sangat toleransi beragama tidak ada konflik,” ujar Yakub Rubi Al Fauzi kepada JabarNet.com dikantornya, Kamis (20/01).

Kerukunan umat di Karawang dalam beragama, sambung Yakub, tidak lepas dari kesadaran umat islam sebagai agama mayoritas di Karawang, karena islam mengajarkan perdamaian sesama manusia, tidak mengajarkan untuk saling membenci satu sama yang lain.

Namun sebagai antisipasi terjadinya konflik di Karawang, Yakub menyebut jika Kemenag Karawang sudah membuat pemenaat yang masuk kedalam program Kemenag.

“Kita sudah memetakan daerah rawan konflik, dan terprogram, pengaruh utamanya adalah modernisasi,” ungkapnya.

Saling menghargai antar umat beragama diakui Yakub mulai terlihat, dengan saling silaturahmi dan komunikasi antar pemuka agama di Karawang sudah terbangun.

“Alhamdulilah Karawang kondusif, bahkan para pendeta silaturahmi kepesantren, artinya kita jangan pernah membatasi diri untuk bergaul dengan mereka, justru kita harus saling menghargai dan membantu sesama umat beragama,” tandasnya. (YM)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *