DaerahEkonomi

Jelang Nataru Harga Komoditas Cabai di Pasar Baru Karawang Naik


KARAWANG, JabarNet.com- Memasuki pekan ketiga Desember 2021 jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) harga komoditas cabai semakin melonjak naik.

Hal ini berdasarkan pantauan disitus resmi hargapangan.id atau Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS Nasional), komoditas cabai di antaranya cabai rawit merah Rp 86.500/kg, cabai rawit hijau Rp 57.400/kg, cabai merah kriting Rp 53.500/kg.

Bukan hanya dari pusat situs resmi hargapangan.id, ternyata fakta dilapangan pun harga komoditas cabai naik, seperti terjadi di pasar baru Karawang.

Salahsatu pedagang pasar baru Karawang Hj Hamzah yang mengungkapkan Harga komoditasi cabai meningkat semenjak di bulan desember dan menjelang tahun baru.

“hari ini cabai rawit merah Rp 90.000/kg, cabai rawit hijau Rp 60.000/kg, cabai merah besar dan kriting Rp 40.000/kg. Hal ini akibat menjelang tahun baru serta pasca erupsi nya gunung semeru di lumajang,” Ucap Hamzah kepada JabarNet.com, Jum’at (17/12).

Dikatakan Hj Hamzah, Sebelum nya memang harga cabai rawit merah Rp 30.000/kg, cabai rawit hijau Rp 20.000/kg, cabai merah besar dan kriting Rp 20.000 kg.

” memang hal seperti ini biasa menjelang tahun baru harga meningkat, apalagi kemarin ada erupsi gunung semeru. Komoditas cabai meningkat karena saya membelinya daerah lumajang dan jawa timur.”terangnya.

Kemudian dampak dari pandemi covid-19 disampaikan Hj Hamzah sangat berpengaruh, khususnya para pedagang pasar, karena turunnya daya beli.

” dulu yang tadi nya pengahasilan perhari sekitar 7 juta sekarang hanya 3 juta itu pun nonstop 24 jam.”ucapnya.

“harapannya semoga musibah ini cepat pulih dan perekonomian para pedagang di pasar bertumbuh membaik seperti semula.” Tandasnya. (YM)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *