DaerahJawa Barat

Kasus HIV/AIDS di Karawang Capai 2.052, Didominasi Perilaku Seks Bebas

Photo (Net)

KARAWANG, JabarNet.com-  Kasus HIV/AIDS di Karawang Capai 2.052, didominasi karena perilaku seks bebas.

Data kasus tersebut berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, Puluhan diantaranya pelajar dan mahasiswa.

Juru Bicara KPA Karawang, Yana Aryana mengatakan, Kasus HIV/AIDS ada 2.052 kasus, ini data kumulatif sejak tahun 1992 sampai Juni 2022.

Rata-rata warga terkena HIV/AIDS merupakan usia produktif mulai 20 hingga 29 tahun. Akan tetapi dari data itu juga ada pelajar dan mahasiswa.

“Angka kumulatif usia produktif yang terinfeksi itu ada 684. Untuk pelajar ada 28 orang dan mahasiswa 25 orang,” ucapnya.

Dikatakannya, untuk penyebaran HIV/AIDS didominasi terjadi karena perilaku seks bebas.

Untuk itu, KPA Karawang selalu gencar melakukan sosialisasi mengenai HIV/AIDS mulai dari informasi tentang penyakitnya, penularannya, hingga penanganannya.

Pihaknya juga mulai menyasar remaja dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Seperti di sekolah-sekolah dan kampus.

“Kita masuk ke Majlis Taklim, ke kader posyadu, hingga di dunia kerja, kita masuk ke perusahaan juga untuk kegiatan sosialisasi,” ungkap dia.

Yana juga kembali menegaskan agar masyarakat menghindari seks bebas dan wajib setia dengan pasangannya. Kemudian jika mengalami gelaja HIV/AIDS untuk segera memeriksakan diri.

“Yang punya prilaku atau gejala ayo tes, semakin cepat semakin baik dalam penanganan, HIV sudah ada obatnya,” tandasnya (Ist)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *