DaerahJawa Barat

Triwulan Ke Empat Realisasi Belanja Pemkab Karawang Baru 58 Persen, Disdikpora Terlemah Serap Anggaran

Arif Bijaksana, Kepala BPKAD Kabupaten Karawang

KARAWANG, JabarNet.com- Kepala BPKAD Karawang Arif Bijaksana menyebut Disdikpora Karawang Serapan Anggaran paling lemah.

Menurut data yang disampaikan Arif pada triwulan ke empat ini Disdikpora baru menyerap anggaran sebesar 46 %.

” adapun Instansi yang baru sedikit menyerap anggaran adalah Disdikpora Kabupaten Karawang sebesar 46%,” Ujar Arif kepada JabarNet.com, Senin (24/10/2022).

Lebih lanjut Arif pun menyampaikan data secara keseluruhan Dinas- dinas yang ada di Kabupaten Karawang, dimana secara keseluruhan pemkab Karawang sudah terealisasi 58 % atau Rp 2,812 triliunĀ  dari total anggaran Rp 4,8 Trilliun.

” adapun sejumlah Dinas diantaranya
Dinas Pemberdayan Perempuan 65 %,
DPMPTSP 64 %, BAPPENDA 64%, Diskominfo 63 %, SATPOL PP 63 %,DPPKAD 63 %, Setda 62 %, Dinas Pertanian dan ketahan pangan 61 %, dan Dinkes 61 %,” Ucap Arif

” Kemudian, Disnaker 60 %, Dinsos 60 %, Disparbud 60%, DLHK 60 %, DPMPD 58 % , Bapeda 57%, BKPSDM 56 %, DISDUKCATPIL 55 %, DPPKB 55 %, DPUPR 54 %, Dinas dan Dinas Perikanan 52 %,” Terangnya.

Kepala BPKAD Kabupaten Karawang, Arief Bijaksana mengatakan realisasi belanja masih proses meski akhir tahun tinggal beberapa bulan lagi.

“Serapan anggaran belanja yang baru mencapai angka Rp2,812 triliun atau 58 persen disebabkan masih berjalannya kegiatan, terutama untuk kegiatan fisik yang masih berjalan dan biasanya ditagihkan pada akhir semester II tahun berjalan,” ungkapnya, Senin (24/10/2022).

Ia juga mengatakan, anggaran masih bisa ada perubahan tergantung faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pelaksanaan anggaran. Misalkan, adanya perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA.

“Kalau melihat tahapan perubahan anggaran itu akhir bulan September. Jadi, bisa berubah jumlah anggaran yang ada saat ini tergantung dengan kondisi-kondisi di atas,” ujarnya

Kemudian, Ia juga menjelaskan, realisasi anggaran belanja yang disediakan untuk Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang saat ini masih mencapai 48 persen dari anggaran yang disediakan sebesar Rp1,4 triliun.

“Kalau Disdikpora kan banyak yah dan anggarannya juga bukan hanya dari daerah saja tapi dari provinsi juga ada, kaya BOS, gitu. Dan untuk serapannya, itu masih berjalan, belum tuntas semuanya. Jadi, finishing-nya kemungkinan di bulan Desember 2022,” ucapnya

Lalu, untuk serapan APBD Karawang 2022 ini, dirinya optimistis akan terserap lebih dari 90 persen hingga akhir tahun 2022.(red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *