DaerahJawa Barat

Orkemas Karawang Akan Dapat Dana Hibah 1 Milliar Tahun 2022 Dari Pemkab


KARAWANG, JabarNet.com- Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karawang menyebut dana hibah setiap tahun selalu di berikan untuk organisasi kemasyarakatan (Orkemas).

Hal tersebut diungkapkan Kepala seksi bina hubungan antar lembaga Kesbangpol Kabupaten Karawang Aep Syaepudin, Pada tahun 2021 dana hibah untuk Orkemas sudah terealisasi sebesar 535 juta, dan proyeksi untuk anggaran tahun 2022 sebesar 1 Milliar.

” Di tahun ini hanya 12 Organisasi yang mendapatkan anggaran dana hibah tersebut, karena ini sesuai APBD tidak bisa mendadak harus sesuai dengan mekanismenya,” Ungkap Aep Syaepudin saat di wawancara dikantornya, Senin (27/12).

Saat ini organisasi kemasyarakatan (Orkemas) di Kabupaten Karawang tercatat sudah 270 yang secara resmi terdaftar melalui Kesbangpol.

Menurut Aep Syaepudin, terkait dana hibah tersebut sifat nya tidak terikat atau tidak secara terus menerus. Ini rooling silih bergantian untuk mendapatkan dana tersebut.

Hal ini berdasarkan Undang-undang no 17 tahun 2013 tentang Orkemas.

” Organisasi Kemasyarakatan sifatnya melaporkan ke kantor Kesbangpol, apabila Orkemas tersebut berada di wilayah Kabupaten Karawang dan sudah berbadan hukum.”katanya

Kemudian Aep menjelaskan, anggaran dana hibah sebesar 1 Milliar yang akan disiapkan ditahun 2022 itu sifat nya usulan,yang sudah di usulkan dari berbagai organisasi kemasyarakatan ditahun 2021.

‘Selanjutnya ada tahap evaluasi apa yang telah di usulkan oleh masing-masing Orkemas .”ujarnya.

” Misalnya ormas itu mengusulkan 100 juta
yang berarti 60 persen untuk rencana kegiatan dan 40 persen untuk kesekretariatan, dan sifat usulan tidak bisa mendadak harus pertiap tahun anggaran,itu pun terlepas ada atau tidaknya anggaran APBD,” Jelasnya.

Lebih lanjut Aep menyampaikan, Kesbangpol Karawang merencanakan tahun 2022 nanti akan ada program diklat pembinaan untuk organisasi kemasyarakatan.

“Insya allah kita akan ada program diklat, kalau situasi sudah normal, terkait peserta itu kan terdaftar 270 Orkemas nanti kita pilah lagi.”ujarnya.

Sehingga dengan adanya program diklat untuk orkemas, Aep berharap terbentuknya konsolidasi dan menjadi mitra baik dengan Pemerintah daerah.

” Terlebih dengan setiap jajaran Ormas lainnya, dan menjadi kepanjangan tangan masyarakat,” Pungkasnya.(YM)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *