DaerahJawa Barat

Gen-Z Pangkal Perjuangan Gelar Seminar Refleksi, Sekda Acep: Peran Keluarga dan Masyarakat Dalam Dunia Pendidikan Sangat Penting

KARAWANG, JabarNet.com-  Bertepatan dengan peringatan hari pendidikan nasional Selasa, 2 Mei 2024 sekumpulan anak muda yang terhimpun dalam organisasi bernama GEN-Z Pangkal Perjuangan menyelenggarakan kegiatan
Seminar Refleksi Hari Pendidikan Nasional. bertempat di Gedung Galeri Pemda Kabupaten Karawang.

Acara yang mengusung tema ” Guru: Berprinsip, Berkarya, dan Visioner dalam Pembangunan Pendidikan di Kabupaten Karawang ” diisi dengan konsep kegiatan seminar diskusi bersama narasumber Drs. H. Acep Jamhuri M.Si Sekda Kabupaten Karawang sekaligus Pembina Organisasi GEN-Z PANGKAL PERJUANGAN, dan narasumber kedua yaitu Dr. Eman Sulaeman, SE., MM. (Kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Unsika).

Terhitung peserta yang hadir berjumlah kurang lebih 250 peserta, yakni dari kalangan guru, mahasiswa, pegiat pendidikan, dan masyarakat umum lain.

Dalam kegiatan Seminar ini, Ketua Panitia Yoga Gandara M, S.Pd., M.Pd. menjelaskan, bahwa urgensi kegiatan Seminar ini tidak lain upaya merefleksikan sejarah dan perjuangan tokoh pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara yang sangat besar sumbangsih pemikirannya dalam dunia pendidikan sejak masa kolonial sampai saat ini.

“ Dengan fokus utama perhatian guru sebagai garda terdepan membangun peradaban. Guru harus memiliki prinsip atau kompetensi kepribadian, mempunyai karya yang bermanfaat, juga berjiwa visioner berpikiran maju dan mempunyai jaminan di  masa depan.” ungkap Yoga.

Sementara itu Ketua GEN-Z PANGKAL PERJUANGAN Rizky Aminudin, S.Pd., M.Pd. menyampaikan, bahwa GEN-Z PANGKAL PERJUANGAN ini merupakan kumpulan anak-anak muda yang mempunyai jiwa kreatif, inovatif, dan menawan.

” Kedepan Gen-Z Pangkal Perjuangan berkomitmen akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang kreatif, bermanfaat bukan hanya di bidang pendidikan, juga di bidang seni, budaya, dan olah raga,” ucapnya.

Tak lupa ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pembina GEN-Z PANGKAL PERJUANGAN yaitu Drs. H. Acep Jamhuri M.Si. yang selalu mendukung dan menangkap aspirasi-aspirasi anak muda Kab. Karawang dalam kegiatan-kegiatan yang positif.

“Sehingga kami optimis sosok seperti  Drs. H. Acep Jamhuri M.Si yang cocok sebagai pemimpin esok hari yang peduli dan merangkul terhadap anak-anak muda di Kabupaten Karawang” ujar Rizky.

Sementara itu ditempat yang sama, Sekda Karawang drs Acep Jamhuri menyambut baik acara seminar dalam rangka peringatan Hardiknas yang diinisiasi oleh mahasiswa ini. Pasalnya, peringatan Hardiknas sejatinya harus dimaknai dengan mendalam.

“Harus diapresiasi langkah mahasiswa menggelar seminar ini karena penuh dengan keilmuan. Kita memaknai hardiknas dengan semestinya bukan hanya hiburan semata,” ucap Sekda.

Kata Sekda, Hardiknas ini setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 2 Mei. Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini bertepatan dengan lahirnya salah satu pahlawan nasional dibalik dunia pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara.

“Maka itu harus diperingati dengan mendalam. Tak hanya hiburan semata. Karena di momen ini kita sama sama merefleksi dunia pendidikan kita,” ucapnya.

Sekda mengatakan peran keluarga, sekolah dan masyarakat dalam dunia pendidikan di era generasi Z (Gen-Z) ini sangat penting.

“Kerena itu, kerja sama antara keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mendidik, mempersiapkan masa depan putra-putri kita sangat diperlukan,” katanya.

Shares:

Related Posts