DaerahJawa Barat

Nelly Kania Lasmi Sosok Guru di Karawang Dedikasikan Diri Untuk Mengabdi Hingga Jadi Kepsek Penuh Prestasi

KARAWANG, JabarNet.com- Nelly Kania Lasmi telah menjadi guru sejak 2003. Hampir 2 dekade menjadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, tidak langsung membuat semangat Nelly padam.

Belum lama ini, ia menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Karawang sebagai Juara 2 Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Sekolah Dasar 2024. Bagaimana perjalanan karirnya?

Nelly mengawali karir sebagai guru di SDN Nagasari 5 sejak 2003. tutur Nelly saat diwawancarai di sekolahnya, Sabtu (4/5/2024) pagi.

Uniknya, Nelly sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk menjadi kepala sekolah. Bahkan ia sama sekali merasa tak percaya diri.

“Karena ada dorongan dari para pengawas dan Kepala UPTD saat itu yang bilang saya layak jadi kepsek. Akhirnya saya ikut tes dan lolos tahun 2017,” ucap Nelly.

Usai dinyatakan lulus sebagai Kepsek, tahun 2018 ia ditempatkan di SDN Adiarsa Barat 1 hingga sekarang. Akan tetapi, seiring waktu mulai terbesit pikiran untuk berbuat lebih di dunia pendidikan, terkhusus untuk sekolah yang ia nahkodai. Nelly pun mulai bertekad untuk menjadi kepala sekolah yang bisa memajukan sekolah dari segi infrastruktur dan manajemenya.

“Pertama, saya sadar untuk memantaskan diri jika kelak menjadi kepala sekolah, saya harus mengupgrade skill saya. Tapi bukan hanya itu, yang paling penting bagaimana bisa merangkul para orang tua murid serta guru guru agar bisa satu frekuensi untuk sama sama memajukan sekolah,” jelasnya.

Lima tahun setelah ia menjabat, banyak perubahan yang telah terjadi di SDN Adiarsa Barat 1 mulai dari pembangunan mushala, kantin, taman, panggung hiburan serta ruang UKS.

“Selain itu di bidang akademis atau non akademis, sekolah ini pernah meraih prestasi sebagai Juara 2 Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten, Sekolah Sehat dari Unilever, prestasi 02SN tingkat provinsi. Dan kami juga punya anak anak yang aktif di seni calung sebagai upaya mengangkat kearifan lokal,” terangnya.

Menurut Nelly, sebagai seorang pemimpin, ia harus menjadi teladan bagi rekan-rekannya serta bisa merangkul semua pihak untuk bersama sama memajukan sekolah.

“Karena majunya sekolah juga pasti harapan kita bersama. Sekolah maju kita pasti bangga dan siswa juga yang akhirnya menikmatinya,” ujarnya.

Shares:

Related Posts