Upaya Melindungi Anak, Dosen UNSIKA Gelar Sosialisasi Perlindungan Anak di Desa Baturaden


KARAWANG, JabarNet.com – Sebagai bentuk mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi, Dosen Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menggelar sosialisasi perlindungan terhadap anak, kepada masyarakat Desa Baturaden, Kecamatan Batujaya, Selasa (17/11).

Kegiatan sosialisasi yang digelar di Aula Desa Baturaden itu, bertujuan agar masyarakat mengetahui cara memberi perlindungan kepada anak dari perbuatan asusila dan tindakan kekerasan.

“Saya mendalami terkait bidang pencegahan prostitusi anak serta memahami modus operandi prostitusi anak, dampak-dampak prostitusi anak serta kekerasan terhadap anak yang sangat marak terjadi di Kabupaten Karawang,” ujar Oci Sanjaya salah satu Dosen Fakultas Hukum UNSIKA yang memberikan materi pada acara sosialisasi.

Menurut Oci Sanjaya, sejumlah kasus kekerasan dan asusila yang kerap terjadi menimpa anak, menunjukan jika kasus serupa rentan terjadi pada anak, sehingga upaya – upaya pencegahan perlu dilakukan, salah satunya dengan melakukan sosialisasi bagaimana orang tua jarus memberikan perlindungan dan perhatian kepada anak, baik dilingkungan keluarga, masyarakat maupun disekolah.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi terkait perlindungan anak masyarakat bisa menjaga serta mengawasi anak agar terhindar dari prostitusi anak maupun kekerasan pada anak,” katanya.

“Umtuk itu masyarakat harus di bekali pengetahuan seputar perlindungan anak, bahayanya prostitusi anak serta ancaman kekerasan pada anak yang mungkin bisa dilakukan oleh oknum keluarganya sendiri,” imbuhnya.

Lebih lanjut Oci Sanjaya berharap agar masyarakat dapat menjunjung tinggi amanat Undang – Undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, menjamin perlindungan anak khususnya yang menjadi korban.

“Kalau ada yang menjadi korban, segera laporkan hubungi dinas-dinas terkait atau bisa hubungi aparat kepolisian setempat. Jadi jangan takut apabila terdapat kejadian terkait prostitusi anak di kemudian hari,” tandasnya.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Baturaden Rudin, S.Pd.I mengungkapkan rasa syukur dan mengucapkan terimakasih kepada civitas akademika UNSIKA yang telah melakukan sosialisasi terkait Perlindungan Anak.

“Alhamdulillah kami selaku dari pemerintahan Desa Baturaden-Batujaya. Mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNSIKA yang telah mengadakan sosialisasi Perlindungan anak terhadap prostitusi anak dan kekerasan pada anak di Desa Baturaden-Batujaya,” Pungkasnya. (YM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here