DaerahJawa Barat

RTRW Wajib Fair, Sekda Acep : Ada yang Main Mata Kita Cari!

drs. Acep Jamhuri, Sekda Karawang Usai Konsultasi Publik Pembahasan RTRW Karawang

KARAWANG, JabarNet.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang drs Acep Jamhuri mengapresiasi soal perhatian semua komponen masyarakat Karawang terhadap RTRW yang sangat tinggi.

Hal tersebut disampaikan Sekda Acep Jamhuri saat memberikan sambutan sekaligus membuka pembahasan ‘ Konsultasi Publik Ranperda revisi RTRW dan KLHS Kabupaten Karawang tahun 2022-2042’ mewakili Bupati Karawang, di Britz Hotel, Kamis (1/9/2022) pagi.

” pertama saya menyampaikan permohonan maaf mewakili Bupati tidak bisa hadir, dan saya juga mengapresiasi atas perhatian masyarakat terhadap RTRW, ” Ucap Sekda Acep mengawali sambutan.

Sekda Acep mengungkapkan, Kabupaten Karawang beberapa tahun kebelakang telah mengalami perkembangan dan dinamika pembangunan yang sangat pesat, maka Pemerintah Daerah Karawang dirasa perlu untuk menyelenggarakan konsultasi publik menyoal peraturan daerah (perda) tentang revisi perubahan tata ruang dan wilayah.

“Perubahan tata ruang tentunya berdasarkan dari kajian dan kebutuhan. Misal saja dengan adanya proyek proyek strategis nasional yang pasti berdampak. Kami juga tidak sembarangan, kita masih memiliki perda LP3B tentang lahan sawah yang juga perlu dilindungi. Kita tidak mau keluar dari jalur regulasi,” ungkap Sekda.

Untuk itu, konsultasi publik soal RT RW memang sudah selayaknya diedukasikan sebagai bahan informasi dan pengetahuan.

“Ini baru akan disusun. Pertemuan ini juga pasti tidak sekali dua kali. Dengan mengundang berbagai macam pihak, tentunya kami berharap mendapatkan masukan, sehingga sebelum final dan diserahkan ke DPRD, hasil tersebut sudah detail dan transparan,” kata Sekda.

Terlebih Sekda menegaskan, semua pihak harus fair sehingga transfaran.

” Semua harus transfaran, kalau ada yang bermain terkait tataruang siapapun baik saya sebagai ketua Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD), atau Kepala Dinas, maupun pengusaha kita cari orangnya, biar fair jangan ada prasangka-prasangkaan,” Tegasnya menggebu-menggebu.

” Semua harus profesional, dan termasuk solusi menangani permasalahan permasalahan ketika ada perubahan tataruang,” Timpalnya.

Menurut Sekda, sehingga dengan digelarnya konsultasi publik ini semua bisa memberikan usulan.

” bagaimana idealnya tataruang Kabupaten Karawang, kami siap menampung semua usulan, jadi tidak ada kepentingan pribadi, kepentingan pengusaha atau siapapun, kita ingin Karawang lebih baik kedepan,” Ujarnya (Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *