DaerahKarawang

Peringati Hari Sumpah Pemuda, UBP Karawang Tebarkan Nilai Kebangsaan Melalui Mata Kuliah Jatidiri Bangsa

UBP Karawang Gelar Seminar Nasional Bertajuk Wawasan Kebangsaan dan Belanegara Bagi Warga Negara Muda Indonesia

KARAWANG, JabarNet.com – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar Seminar Nasional yang bertajuk “Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Warga Negara Muda Indonesia”.

Kegiatan ini juga dijadikan sebagai refleksi bagi seluruh mahasiswa dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda sebagai simbol persatuan bangsa Indonesia yang berdasar pada nilai-nilai identitas nasional.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh salah satu pemateri, Muhamad iqbal, S.Pd., M.Si.

Pada momentum ini, UBP Karawang mengisyaratkan pesan yang ingin dibangun dan diwujudkan bersama. Yakni, penanaman nilai-nilai identitas nasional terhadap mahasiswa.

Pasalnya, di tengah kemajemukan Indonesia sebagai sebuah bangsa, salah satu cara untuk dapat bertahan dari pusaran peradaban dan dinamika zaman adalah dengan mentransformasikan setiap diri sebagai bagian dari satu ke-Indonesiaan.

“Di era keterbukaan informasi, kemudian perkembangan globalisasi yang begitu pesat, tentunya budaya luar akan masuk, oleh karena itu kami berharap mahasiswa UBP memiliki karakter yang kuat, sesuai dengan jati diri bangsa,” ucap Rektor UBP Karawang, Prof. Dedi Mulyadi, SE., MM.

Sementara itu, Menurut Koordinator acara, Erwin Susanto, S.Pd., M.Pd, adapun langkah-langkah strategis yang telah disusun, diimplementasikan melalui mata kuliah Jatidiri Bangsa sebagai salah satu rangkaian penerapan kurikulum di UBP Karawang.

“Seminar nasional ini merupakan tindak lanjut dari mata kuliah Jatidiri Bangsa yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal dan kemudian menjadi dasar pengembangan karakter mahasiswa sebagai warga negara muda,” jelasnya. (Muhtar)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *