DaerahJawa Barat

Harga Ayam di Karawang Naik 30 Persen, Disperindag : Bahan Pokok Stabil

Harga Ayam di Karawang Naik, Bahan Pokok Stabil

KARAWANG, JabarNet.com- Minggu ke empat bulan Juli 2023 harga ayam potong di Karawang naik melonjak 30 Persen ditengah turunnya harga bahan pokok.

Seperti halnya diungkapkan Alif pedagang bawang merah di pasar baru Karawang, harga bahan pokok menurun sejak dua minggu lalu.

” Bawang merah tadinya 50 ribu jadi 30 ribu per kg. Cabai merah sama kriting turun dari 50 ribu ke 30 ribu juga. Cabe rawit dari 50 ribu jadi 40 ribu dan bombai dari 45 ribu jadi 25 ribu per kg,” ungkapnya, Selasa (25/7).

Ditempat yang sama, Rian pedagang sembako menyampaikan saat ini untuk harga minyak kita di angka 15 ribus per liter, minyak kemasan premium di angka 40 ribu untuk dua liter. Meski begitu terdapat kenaikan untuk bahan pokok gula, harga gula saat ini di angka 14 ribu dari harga sebelumnya sebesar 12.000

“Kalau untuk minyak goreng cenderung menurun harganya, tapi untuk gula naik 2.000 sekarang,” ungkapnya

Meski terdapat harga bahan pokok yang menurun, tetapi untuk harga ayam mengalami kenaikan. Pedagang ayam, Muhammad Daffa memaparkan harga tersebut melonjak hingga 30 persen dari harga sebelumnya. Saat ini untuk satu kilogram ayam di angka 30 sampai 32 ribu. Kemudian untuk satu ekor di angka 48 ribu.

“Ayam naik banget, 30 persen. Susah, jadi jarang pembeli. Awalnya 25 sekarang jadi 30-32 ribu per kg, per ekor dari 40 ribu jadi 48 ribu,” jelasnya.

Kasi Perdagangan dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang, Wahyu menyampaikan, harga bahan pokok di pasar saat ini sedang berada dititik stabil. Pihak disperindag telah melakukan survei, dan ditemukan per minggu ini tidak ada kenaikan harga bahan pokok yang signifikan.

“Semua bahan pokok bisa dibilang dalam kategori stabil. Untuk peningkatan biasanya menjelang hari besar seperti tahun baru, lebaran, natal. Terjadi karena kebutuhan masyarakat akan bahan pokok meningkat,” tutupnya.(red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *