ADVDaerah

Peduli Pendidikan, KIIC Bersama Tenant Association Berikan Beasiswa Kepada 340 Siswa

KIIC Bersama Tenant Berikan Beasiswa

KARAWANG,  JabarNet.com- Pendidikan menjadi salah satu yang terpenting dalam membangun generasi bangsa yang hebat dan kuat.

Melihat hal itu, sejak tahun 2000, KIIC bekerjasama dengan Tenant Association memberikan bantuan beasiswa untuk siswa-siswi SMP sederajat dan SMA yang berprestasi di sekolah dan berasal dari keluarga yang kondisi ekonominya kurang di 7 desa sekitar KIIC, yaitu Margamulya, Margakaya, Wadas, Sukaluyu, Sirnabaya, Puseurjaya, dan Parungmulya.

Serah terima bantuan beasiswa dilakukan secara simbolis dan diberikan kepada perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA dan SMK yang langsung diserahkan oleh Direktur KIIC Mr. Ken Ota serta Ketua Tenant Association, Mr. Haruichi Kato, didampingi oleh orang tua dan wali, Kepala Sekolah serta Pemerintah  Kecamatan dan Desa .

Acara serah terima bantuan beasiswa secara simbolis tersebut berlangsung di SMA Negeri 1 Teluk Jambe Timur pada hari Senin (18/12).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Budi Hermawan, S.Pd, M.Phil, SNE. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Drs Cecep Mulyawan, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Karawang, serta perwakilan sekolah Drs. Udih Samsudin, MPd. selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Telukjambe Timur.

Juga turut hadir perwakilan Pemerintah Desa Margamulya, Margakaya, Wadas, Sukaluyu, Puseurjaya, Sirnabaya dan Parungmulya serta orangtua dan siswa- siswi penerima beasiswa.

Baca juga : Raih Penghargaan Eco Industrial Park Terbaik, KIIC Berkomitmen Menjadi Kawasan Industri Ramah Lingkungan

Pada kesempatan itu, Bambang Sugeng selaku External Relation Division Head, dalam sambutannya mewakili manajemen KIIC, menyampaikan pemberian bantuan beasiswa adalah sebagai salah satu bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) program kepedulian pendidikan masyarakat yang diberikan tiap tahun pada tahun ajaran baru.

” KIIC bersama  Tenant Association memberikan bantuan beasiswa kepada 380 siswa SMP dan SMA sederajat, yang berprestasi di sekolah dan berasal dari keluarga yang kondisi ekonominya kurang di 7 desa sekitar KIIC”, terangnya.

Pendaftaran beasiswa dilakukan secara online melalui pengisian google form yang telah disampaikan kepada pihak Pemerintah Desa maupun pihak Sekolah. ”Terdapat 440 siswa yang telah mengisi aplikasi google form beserta persyaratannya, kemudian dilakukan seleksi oleh Tim CSR KIIC berdasarkan prestasi dan kondisi ekonomi siswa”, lanjut Bambang

Sementara, Mr. Haruichi Kato, Chairman Tenant Association, menyampaikan merasa terhormat dapat memberikan beasiswa kepada  siswa yang berprestasi. “Usaha siswa dalam belajar dapat memberikan manfaat bagi keluarga dan negara sehingga  dapat memiliki masa depan yang cerah”. ujar Kato

Terpisah, Budi Hermawan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Provinsi Jawa Barat, dalam sambutannya ia merasa tersanjung atas pemberian beasiswa yang menjadi program CSR dari KIIC dan Tenant Association yang telah mendukung kegiatan peningkatan kuallitas pendidikan.

“Dengan  kerjasama pentahelix antara pemerintah dengan swasta, lanjut Budi, dapat meningkatkan daya serap tenaga kerja di Karawang menuju Jabar juara.“ . Pemprov Jawa Barat juga berencana memberikan program beasiswa Future Leader Schoilarship bagi siswa SMA sederajat unutk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Sementara, Zaskia Mutiara Zahra siswi kelas 2 SMA Negeri 1 Teluk Jambe Timur mengucapkan terima kasihnya kepada KIIC dan Tenant Asosiasi yang telah memberikan bantuan beasiswa kepada dirinya “Bantuan beasiswa dapat membantu meringankan biaya orangtua, dan akan saya digunakan untuk memberi peralatan sekolah”, kata Zaskia.

“Saya akan melakukan yang terbaik agar menjadi siswa yang layak mendapatkan beasiswa. Dan saya berharap beasiswa terus di jalankan karena sangat bermanfaat begitu besar untuk kami, ” pungkasnya.

Diaminkan oleh, Udin Samsudin,Mpd. Kepala sekolah SMA Negeri 1 Telukjambe Barat mengatakan  faktor ekonomi menjadi salah satu indikasi siswa putus sekolah.  “Dengan adanya program beasiswa itu bisa menjadi penanganan siswa yang putus sekolah dan dalam kondisi yang serba kekurangan”, ujarnya.

Perlu diketahui bahwa KIIC bersama-sama dengan Tenant Association terus menerus memiliki komitmen dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

Hal itu terlihat dengan adanya program-program CSR sebagai penerapan nilai Environment, Social and Governance (ESG) dalam rangka mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Delevopment Goals (SDG’s,), diantaranya Program Kepedulian Sumber Daya Masyarakat, Program Kepedulian Kesehatan Masyarakat, Program Kepedulian Sosial Budaya Masyarakat, Program Kepedulian Ekonomi Masyarakat, serta Program Kepedulian pelestarian lingkungan hidup.

Semoga dengan adanya bantuan beasiswa dari KIIC dan Tenant Association, dapat memberikan motivasi kepada siswa-siswi untuk belajar lebih giat sehingga dapat mencapai cita-cita yang diharapkan. (***)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *