DaerahJawa Barat

PDAM Tirta Tarum Karawang Bertekad Menjadi PDAM Besar di Tahun 2021 Dalam kondisi Baik dan Sehat

KARAWANG, JabarNet.com– Sepanjang tahun 2020 meskipun ditengah pandemi Covid-19 yang melanda tidak sedikit sektor usaha yang gulung tikar bukan hanya lokal, regional, atau Nasional bahkan global tak menghalangi PDAM Karawang untuk berkreasi dan inovasi, bahkan inovasi dan terobosan telah dilaksanakan pada tahun 2020.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Karawang Ir.H.M. Sholeh, MM, Jika pada tahun 2018 merupakan tahun transisi dan konsolidasi, tahun 2019 adalah tahun akselerasi, maka tahun 2020 seharusnya menjadi tahun eksistensi, tetapi untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak tahun 2020 menjadi tahun pandemi covid19, namun  PDAM Tirta Tarum tetap tegar sebagai salah satu pelayanan publik yang tetap berusaha menorehkan prestasi di tengah pandemi.

” Dengan capaian jumlah pelanggan 93.300 SR di penghujung tahun 2020 ini melebihi target raihan tahun 2020 meskipun di tengah pandemi. Capaian tambahan pelanggan baru sebanyak hampir 9.000 SR dalam periode 2020, tentunya ini adalah buah kerja keras seluruh jajaran PDAM Tirta Tarum yang tak kenal lelah mewujudkan pelayanan terbaiknya, “ Ujar M.Sholeh. Rabu (30/12/2020).

Bahkan 5.000 SR diantaranya merupakan tambahan Sambungan Rumah MBR perkotaan yang pelayanannya meningkat 25% dari tahun 2019.

M.Sholeh menambahkan, dalam bidang operasional PDAM Tirta Tarum juga telah menunjukkan kesungguhannya untuk memberikan layanan terbaiknya melalui penambahan jaringan perpipaan, perbaikan kualitas, kontinyuitas dan keterjangkauan layanan bagi masyarakat.

Menurutnya, Hal ini diwujudkan kepada  pelayanan air bersih telah menjangkau wilayah pantai pasir putih Cilamaya yang notabene adalah wilayah pesisir dengan air asin yang selama ini tak pernah terjangkau air PDAM. Demikian juga usaha peningkatan effisiensi penagihan, pola konsumsi, pelayanan perbaikan, kebocoran, keluhan, kesehatan perusahaan dan penurunan kebocoran air dan kegiatan-kegiatan lainnya telah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Bahkan selama pandemi PDAM Karawang telah melaksanakan diklat/pelatihan sertifikasi dan kompetensi profesi tingkat muda sebanyak 11 orang serta prajabatan, dan kegiatan peningkatan kompetensi dalam berbagai bidang, termasuk kerjasama dengan IUWASH Plus USAID SECO Partnersip, Water Org maupun Perpamsi.

Dan di penghujung tahun 2020 PDAM Karawang juga telah berhasil menghadirkan hibah MBR bagi masyarakat Karawang dengan hasil 100%, merintis kerjasama hibah AMBK (Air Minum Berbasis Kinerja), SPAM Regional Jatiluhur I dan penjajakan kerjasama lainnya dalam rangka pemenuhan pelayanan publik bidang air minum/air bersih bagi masyarakat Karawang.

“ Secara finansial PDAM Tirta Tarum Karawang juga berhasil melunasi tunggakan PAD masa lalu sejak 2016, 2017, 2018 dan 2019, PBB, ppH dan kewajiban-kewajiban masa lalu yang secara berangsur dapat diselesaikan,” Kata M.Sholeh

Dikatakan M.Sholeh, Capaian tersebut di atas selain didukung oleh tim yang solid, handal dan professional juga didukung oleh perbaikan system Informasi Teknologi yang senantiasa mengalami pembaharuan untuk menunjang layanan terbaik sesuai motto PDAM Karawang BEST (Berikan Service Terbaik !).

“ itu juga tekad yang kuat seluruh jajaran PDAM Tirta Tarum untuk selalu bekerja keras, berbenah menuju PDAM yang bersih, transparan dan akuntabel berdasarkan kaidah Good Corporate Governance (GCG).

“ Kami sadar bahwa capaian yang kami raih belum sempurna, masih banyak kekurangan, rintangan, gangguan, cobaan, dan tantangan menghadang, tetapi dengan semangat pantang menyerah kami tetap berjuang menuju yang terbaik.  Tantangan perubahan bentuk badan hukum dan perda penyertaan modal serta kondisi tarif yang masih rendah selama sewindu terakhir akan menjadi PR bagi kita semua.”

Berbagai capaian tadi tak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan Dewas, Bupati, DPRD, OPD terkait maupun seluruh masyarakat. Kedepan PDAM Tirta Tarum Karawang bertekad menjadi PDAM besar dengan target mencapai 100.000 SR pada tahun 2021 dalam kondisi Baik dan Sehat. Semoga dapat memenuhi harapan seluruh stakeholder dan masyarakat Karawang, “ Pungkasnya. (Wan)

 

 

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *