DaerahJawa Barat

Pasca Libur Idul Fitri Bupati Aep Sidak Kantor Disdukcapil, Ini yang Ditemukan

KARAWANG, JabarNet.com- Hari pertama masuk kerja pasca libur Idul Fitri, Bupati Karawang H. Aep Syaepulloh bersama dengan Asisten Daerah III dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melakukan sidak ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sidak tersebut untuk memantau pelayanan yang tengah berjalan sesuai arahan Menpan dan kondisi bangunan.

Bupati Karawang H. Aep Saepulloh menyampaikan untuk kantor pelayanan publik tidak diperbolehkan melakukan bekerja dari rumah. Hal ini sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat. Aturan tersebut pun telah diterapkan di kantor Disdukcapil Karawang, terlihat dengan adanya pelayanan di kantor Disdukcapil telah mulai berjalan sejak pukul 08.00.

“Saya hari ini datang bersama dengan asisten daerah III dan kepala Bkpsdm, saya melihat ke dinas pelayanan. Berdasarkan dari arahan bapak menteri menpan bahwa pelayanan tetap harus berjalan, salah satu dinas yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yaitu dinas pencatatan sipil makanya saya datang ke sini. Alhamdulillah dari jam 08.00 tadi sudah dibuka pelayanan,” ujarnya Selasa (16/4)

Selain itu kegiatan sidak itu juga untuk memantau kondisi kantor yang telah lama berdiri, maka perbaikan sarana dan prasarana di kantor tersebut akan menjadi prioritas.

Bupati juga menghimbau kepada semua ASN untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat setelah Idul Fitri.

“Selain dari MPP tentunya pelayanan kesehatan, ke rumah sakit, puskesmas itu tidak boleh wfh harus wfo. Kami menghimbau kepada seluruh ASN Kabupaten Karawang bisa memberikan pelayanan dalam pasca Idul Fitri. Kita akan melihat ada beberapa gedung dari tahun 1986, tentunya pelayanan Capil ini menjadikan pelayanan prioritas,” tambahnya.

Ia menjelaskan untuk gedung lama yang berada di depan, tengah dan belakang akan di bongkar secara total. Kemudian akan dibangunkan satu gedung yang terpusat. Hal ini untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Setiap tahun masyarakat akan bertambah, tentunya dinas catatan sipil yang disampaikan kepada kami memohon adanya pembangunan baru. Ada bangunan arsip yang nantinya akan saya pertahankan. Kalau bangunan yang depan, tengah dan belakang akan saya bongkar untuk dijadikan satu supaya masyarakat dapat terintegrasi,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karawang, Bambang mengungkapkan dalam satu hari dapat memberikan pelayanan kepada 200 hingga 300 orang.

Terkait rencana renovasi gedung, ia menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Karawang. Ketika sidak berlangsung pun telah ada arahan kepada pihak PUPR untuk melakukan perhitungan secara menyeluruh.

“Tadi baru ada perintah dari bupati untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan. Dukcapil saja layanan hariannya bisa 200 sampai 300 belum yang ada di kantor kecamatan. Kita sebagai unsur dukcapil mengucapkan terimakasih atas perhatian dari Bupati untuk masyarakat,” tutupnya.

Shares:

Related Posts