DaerahJawa Barat

Mahasiswa KKN Unsika Edukasi Seks dan Bahaya Bullying di MTs Nurul Falah

KARAWANG, JabarNet.com- Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Edukasi Seks dan bahaya Bullying di MTs Nurul Falah yang diselenggarakan pada hari Sabtu (13/01/2024).

Kelompok mahasiswa KKN desa Batujaya terdiri dari delapan belas mahasiswa ini memberikan pemahaman tentang pentingnya edukasi seks dan bahaya bullying.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan siswa/i terhadap tindak pelecehan dan perundangan yang terjadi di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.

Salah satu anggota kelompok KKN, Adhinda Tri Megantari mengungkapkan, Umur siswa-siswi MTs sekarang merupakan masa awal pubertas, rentan terjadi pelecehan seksual dan bullying.

” Oleh karena itu Sosialisasi Edukasi ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut di lingkungan sekolah” ungkap Adhinda.

Kegiatan sosialisasi mahasiswa KKN membahas mengenai apa itu pelecehan seksual dan bullying, jenis-jenis pelecehan seksual dan bullying, dampak yang dapat ditimbulkan, serta hukum yang mendasarinya.

Kegiatan ini pun dilakukan dengan mengadakan berbagai sesi seperti diskusi, nonton film edukasi bersama, dan kegiatan interaktif yang melibatkan siswa MTs Nurul Falah.

Beberapa siswa/i MTs Nurul Falah yang mengikuti Sosialisasi Edukasi memberikan keterangan bahwa mereka kerap menemui bahkan tak jarang menjadi korban bullying.

Aina, siswi MTs Nurul Falah mengungkapkan, “Misalnya dia bukan anak yatim, tapi dikatain yatim gitu”.

Sementara itu Suryanto Wakil Kepala Sekolah MTs Nurul Falah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan yang di usung oleh kelompok KKN mahasiswa Unsika

“Minimal setiap guru itu sekarang harus memberikan edukasi atau melanjutkan kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa karena itu sangat bagus, terkadang guru tidak memperhatikan namun setelah itu menjadi ada perhatiannya dan mulai kompak”. Ucap Suryanto (25/01/2024).

Dampak positif dari kegiatan ini tidak hanya terlihat pada siswa, tetapi juga pada lingkungan sekolah. Pihak MTs Nurul Falah melakukan langkah preventif dengan memajang poster stop bullying pada mading sekolah, tembok-tembok sekolah, dan dibeberapa sudut lain.

Ditempat yang sama,Ketua kelompok KKN desa Batujaya, Naufal Fakhri, mengucapkan, Secara keseluruhan kegiatan sosialisasi ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa, tetapi juga memberikan kontribusi positif pada budaya sekolah yang lebih peduli dan sadar terhadap isu-isu sensitif seperti pelecehan seksual dan bullying.

“Sehingga harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah isu tersebut terjadi di lingkungan sekolah MTs Nurul Falah, dengan semangat tinggi dan dedikasi, kelompok mahasiswa KKN ini tidak hanya menyelesaikan tugas akademis, tetapi juga meninggalkan jejak kebaikan yang dapat dirasakan oleh siswa dan lingkungan sekolah di MTs Nurul Falah,” tandasnya.

(Penulis: Dewi Zahra Rismawati dan Salsabila Rizki Setyaningrum)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *