Peringatan Hari Air Sedunia Ke 29, PDAM Karawang Berubah Status Jadi Perumdam

KARAWANG, JabarNet.com- Setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia (World Water Day), ditahun 2021 peringatan Hari Air Sedunia ke 29 dengan tema Water Valuing atau menghargai air.

Air merupakan kebutuhan dasar manusia dan makhluk hidup yang paling utama dalam proses kehidupannya. Lebih dari 80 % tubuh kita terdiri dari air, dan air pula yang sangat dibutuhkan dalam proses hidup, tumbuh dan berkembangnya seluruh makhluk di alam ini. Seluruh dunia mengakui bahwa air sangat penting.

M.Sholeh Direktur Tirta Tarum PDAM Karawang mengatakan, Tema ini sangat tepat dengan kondisi saat ini dimana keberadaan air untuk mencukupi kebutuhan hidup dan proses kehidupan ini menjadi krisis jika tak dapat diantisipasi dengan baik.

” Sifat air yang unik, dimana air sedikit menjadi masalah, dan air melimpah juga menjadi masalah, misalnya saat banjir dan bencana alam. Adanya perubahan iklim telah mengakibatkan keseimbangan siklus air terganggu, bahkan berdampak terhadap bencana banjir, kerusakan alam dan lingkungan. Salah satu dampak perubahan iklim ini adalah ketersediaan air baku bagi PDAM untuk memenuhi air bersih dan air minum bagi masyarakat, ” Katanya.

Peran Air di Masa Pandemi

Dikatakan M.Sholeh, Peringatan Hari Air Sedunia ke-29 kali ini terasa special bagi PDAM Tirta Tarum Karawang, selain dilaksanakan di tengah pandemi covid19, juga dilakukan bersamaan ditengah masa transformasi PDAM berubah status menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam).

‘ Peran air dimasa pandemi covid-19 menjadi sangat vital, manakala media air sangat urgent bagi sanitasi tubuh, lingkungan maupun proses protocol kesehatan. Tak hanya cukup dengan memakai masker dan jaga jarak, tetapi juga mencuci tangan dengan air mengalir memakai sabun adalah bagian dari protocol kesehatan yang ampuh untuk menghindari penyebaran virus corona disease 19 (covid19), bahkan protocol kesehatan itu bertambah dengan menghindari kerumunan dan mobilitas,” Ujarnya.

Menurut M.Sholeh, dengan status baru sebagai Perum diharapkan Tirta Tarum semakin eksis dan mantap sebagai perusahaan publik bidang air bersih dan air minum di wilayah Kabupaten Karawang.

” Dengan Tema Menghargai Air untuk kehidupan maka eksistensi air minum semakin dihargai sebagai ha katas air bagi seluruh masyarakat sebagaimana amanah Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat 3 yaitu “Bumi dan air dan kekayaan alam yg terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.Katanya.

Keprihatinan Ditengah Wabah

Setahun sudah wabah pandemi covid19 melanda seluruh dunia. Banyak sektor-sektor kegiatan terimbas pandemi ini tak terkecuali. Sektor ekonomi menjadi sektor yang paling hebat terdampak, bukan hanya Negara miskin atau berkembang, bahkan Negara majupun juga terdampak krisis perekonomian yang amat dahsyat.

” Di tengah keprihatinan itu maka tema menghargai air sebagai produk universal yang dibutuhkan siapapun, kapanpun dan dimanapun juga. Sebagai salah satu sektor pelayanan publik, bidang air minum, maka PDAM/Perumdam Tirta Tarum sadar betul akan kelangsungan operasional termasuk dimasa pandemic covid19 ini,” Ungkapnya.

” Maka berbagai inovasi dan kebijakan telah dilakukan untuk membantu masyarakat terdampak krisis, diantara diskon pelanggan sosial, bantuan disinfektan dan sanitizer, hingga sambungan murah agar masyarakat tetap bisa menikmati air bersih dan air minum dengan harga yang terjangkau, aman dan berkualitas, ” Kata M.Sholeh Menambahkan.

Sementara itu, beberapa kegiatan memperingati hari air sedunia, meskipun sederhana tetapi cukup khidmad diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sambungan Langganan Murah yang dikemas dalam Promo Seru Bayar Bertahap (PSBB) sejak bulan Februari-Maret 2021, program ini dipadukan dengan program Air Minum Perkotaan (AMK) Mandiri sebagai ganti dari program MBR.

2. Kegiatan Vaksinasi massal seluruh pegawai PDAM yang berjumlah 259 pegawai beserta keluarganya.

3.Apel akbar hari air sedunia tanggal 22 Maret 2021 di kantor Penanaman pohon penghijauan di areal perkantoran yang meliputi areal 4 hektar

4. Bakti sosial dan santunan anak yatim, dhuafa dan lansia jompo yang dipadukan dengan acara HUT PDAM ke 34, Lomba foto, video dan kebersihan lingkungan kantor sesuai dengan tema hari air sedunia.

5.Kampanye hari air sedunia melalui medsos dan kegiatan-kegiatan lain di lingkup PDAM/Perumdam Tirta Tarum.

Maka dari itu, Tekad PDAM/Perumdam Tirta Tarum kedepan menjadikan areal PDAM yang nyaman, asri dan modern, tetapi juga berwawasan lingkungan, hijau dan lestari. Penataan wilayah instalasi pengolahan air yang memenuhi kaidah-kaidah teknis teknologis, dipadukan dengan layanan digital yang modern dan mutakhir dan juga lingkungan nyaman, asri dan berwawasan lingkungan akan menjadi tuntutan kantor di masa yang akan datang.

” Dengan demikian dapat menunjang operasional PDAM/Perumdam Tirta Tarum Karawang menuju pelayan terbaik dapat segera diraih. Selamat Hari Air Sedunia 2021. Menghargai Air, Menghargai Lingkungan, Menghargai Kehidupan, ” Tutupnya. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here