DaerahJawa Barat

Dihari Kesehatan Nasional, 5 Bidan Cantik RSUD Karawang Sapa Pengunjung dan Pasien Berikan Edukasi 5M 1V


KARAWANG, JabarNet.com- Hari Kesehatan Nasional (HKN) bertepatan pada tanggal 12 November menginjak ke 57 tahun, Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengusung tema ‘Sehat Negeriku Sehat Indonesiaku’.

Momentum HKN kali ini,RSUD Karawang memperingatinya dengan cara memberikan hiburan sekaligus edukasi bagi para pengunjung dan pasien oleh para bidan yang menjadi Duta Hand Hygiene, di ruang tunggu Instalasi Rawat Jalan RSUD Karawang, Jumat (12/11/2021).

Ada 5 bidan cantik yang bersemangat memberikan edukasi kepada pengunjung RSUD tentang tata cara cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih secara benar. Gerakan cuci tangan divariasikan dengan musik dan gerakan tubuh yang atraktif dan menghibur.

Tujuan kampanye gerakan cuci tangan tersebut untuk membiasakan masyarakat menjalankan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana, MH.Kes., Sp.DV mengatakan bahwa kegiatan tersebut bukan hanya sekadar seremonial saja,

Melainkan kampanye untuk PHBS serta 5M+1V yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari keramaian, mengurangi mobilitas, dan vaksinasi.

Fitra menuturkan, peringatan HKN ke-57 di tahun 2021 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19.

“Serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan COVID-19,” ujar Fitra.

Kehadiran para bidan yang memberikan hiburan sekaligus edukasi tersebut disambut baik oleh pengunjung RSUD. Salah satu pengunjung, Wahid mengatakan cara edukasi yang disampaikan para duta hand hygiene sangat menghibur dan mudah dipahami.

“Menyenangkan dan yang penting masyarakat jadi mengetahui gerakan cuci tangan yang baik dan pentingnya PHBS, prokes dan vaksinasi,” kata Wahid.(red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *