DaerahJawa Barat

Soal Gapura Bernilai 10 Juta, Lurah Ifan : itu Sudah Sesuai RAB

Lurah Ifan saat meninjau langsung kelokasi Gapura

KARAWANG, JabarNet.com– Lurah Ifan Kelurahan Adiarsa Barat Kecamatan Karawang Barat angkat bicara soal gapura Cisokan bernilai 10 Juta yang sempat viral dimedia sosial.

Lurah Ifan menyatakan bahwa proyek tersebut sudah sesuai Rancangan Anggaran Belanja (RAB ) yang sudah ditentukan.

” Saya juga baru melihat di media sosial karena waktu saat pelaksanaan belum sempat terkontrol waktu itu saya sedang sakit, dan hari ini sudah saya lihat, untuk anggaran menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) Kelurahan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020.” Ucap Ifan saat ditemui dikantornya, Senin (04/01/2021).

Lebih lanjut Ifan menjelaskan, pengerjaan Gapura dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) atas usulan dan persetujuan dari RT dan RW hasil musyawarah.

” Untuk pengerjaan dikerjakan oleh KSM yang mana dari warga setempat dan kami selaku kelurahan menerima anggaran disalurkan sejumlah kebutuhan, ” Ungkap Ifan.

Ifan menambahkan, jika melihat kondisi Gapura tidak ada kerusakan dan dari harga sangat wajar.

“Kalau dilihat di photo itu seperti biasa, tapi ternyata dilihat dari RAB itu spek besi 2 inch sudah tepat, untuk hurup dari bahan Acrylic timbul, dan disini saya lihat harganya sangat wajar, jadi kalau melihat pekerjaan itu lihat dulu RAB nya, ” Ujar Ifan seraya melihatkan RAB bukti pekerjaan.

Selain itu menurut Ifan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) yang bersumber dari APBN tahun 2020, selain digunakan pembangunan gapura, Jalan lingkungan, Drainase , dan Rumah Layak Huni.

” Gapura ini salahsatu kegiatan realisasi anggaran, kita mendapatkan anggaran DAU sekitar 390 Juta, kita gunakan selain Gapura, ada pembangunan jalan lingkungan, Drainase dan Rulahu, ”

Lurah Ifan menegaskan, Kelurahan akan mengecek seluruh pekerjaan yg dikerjaan oleh KSM dan apabila ada yg dirasa kurang atau tidak sesuai maka KSM akan diminta melengkapi pekerjaaannya dulu.

“Jadi belum final. kita akan lakukan koreksi terlebih dahulu, Karena ini pekerjaan yg dilakukan oleh masyatakat sendiri, berbeda dengan yang dikerjakan oleh kontraktor. Jadi bila ada kekurangan, akan dimusyawarahkan dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya.”Pungkasnya (Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *