DaerahJawa Barat

Plt Bupati H. Aep Ungkap Perkembangan Pembangunan Insfrasrtuktur Karawang Semakin Pesat

Kemajuan Insfrsrtuktur Karawang Pesat
Eka Sanatha Plt Asda 1 Karawang saat Membacakan Teks Sambutan Plt Bupati H. Aep di Acara Hari Tata Ruang Nasional 2023

KARAWANG, JabarNet.com– Kemajuan pembangunan Insfrasrtuktur Kabupaten Karawang terus meningkat sehingga menjadi potensi dan daya tarik investor.

Bahkan Empat tahun berturut-turut, Kabupaten Karawang menjadi tujuan investasi, baik dari investasi penanaman modal asing (PMA) Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN ).

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Karawang H. Aep syaepulloh dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Daerah ( Asda ) 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang Eka Sanatha pada peringatan Hari Tata Ruang Nasional 2023, di Hotel Mercure Karawang, rabu (8/11/2023).

Mengawali sambutannya ia mengungkapkan Hari Tata Ruang Nasional 2023 Kabupaten Karawang melalui Dinas PUPR Karawang ini merupakan untuk memberikan edukasi sosialisasi melalui peningkatan pemahaman.

“Kebijakan tata ruang Karawang berdasarkan potensi dan kondisi geografis wilayah, sehingga diharapkan menciptakan pemanfaatan ruang untuk masyarakat Karawang,” ucapnya.

Ia menambahkan, dalam lingkup pengembangan wilayah Kabupaten Karawang memiliki potensi yang sangat strategis.

” Kita diapit oleh tiga pusat pertumbuhan besar, yakni wilayah Barat pusat pertumbuhan Jabodetabek, dan di sebelah Timur ada pusat pertumbuhan Cirebon raya dan sebelah Selatan pusat pertumbuhan Bandung raya,” ucapnya.

” Ketiga pusat pertumbuhan tersebut ditunjang oleh insfrasrtuktur yang cukup memadai, kita Kabupaten Karawang alhamdulillah sejak lama sudah dilalui oleh jalan transjawa, juga sejak jaman Belanda dilalui jalan daendels serta jalur rel kereta api yang menghubungkan antara kota-kota besar dipulau jawa,” terangnya.

Baca juga : Jadi Daya Tarik Investor, Realisasi Investasi Karawang Capai Rp.15,2 Triliun Periode Januari-Juni 2022

Demikian juga lanjutnya, diera kepemimpin Presiden Jokowi ada beberapa projek strategis Nasional yang mendukung insfrasrtuktur Kabupaten Karawang semakin pesat.

” Kita alhamdulillah sudah selesai pembangunan Japek elevated yang menghubungkan antara kota Bekasi dengan Kabupaten Karawang, kita juga sudah selesai bhakan dioperasikan tahun depan jalan tol Japek Selatan segmen 1 dan 2 yaitu yang membentang dari Sadang sampai Bojongmangu Kabupaten Bekasi,” katanya.

” Kita juga alhmamdulillah sejak November beroperasi untuk umum adanya jalur kereta cepat dari Jakarta ke Bandung, yang insya Allah Pebruari 2024 stasiun Karawang mulai digunakan,” paparnya.

Demikian pula, kemajuan insfrasrtukur Karawang semakin pesat adanya dukungan industri yang sangat luar biasa dengan didukung sumber daya air.

” Kita punya SPAM Jatiluhur¬† dan alhamdullilah di Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2017 Tata Ruang Nasional masih mencantumkan Bandara Soekarno Hatta akan dibangun di Kabupaten Karawang,” terangnya.

Kemajuan ini tentunya kata H.Aep akan mengundang Investor masuk ke Karawang.

” Data di BKPM mencatat bahwa sampai dengan triwulan 3 tahun 2023 ada 35 Trilliun modal yang masuk ke Kabupaten Karawang, mudah-mudahan ini berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Karawang ” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, H. Aep melaporkan bahwa Pemkab Karawang sesuai keinginan masyarakat, khususnya pada pengembang wilayah klari dan sekitarnya untuk mengurai kemacetan berinisiasi akan membangun pembangunan jalan antar perumahan yaitu Trans Graha.

” Yang insya Allah dengan pembangunan Tata Ruang sehingga tercipta pemanfaatan ruang bagi semua kepentingan para pelaku pembangunan secara terpadu berdaya guna dan berhasil guna serta pengembangan pusat perkotaan baru yang mencakup kecamatan Klari, Purwasari dan Tirtamulya,diarahkan dapat mengembangkan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Karawang,” tandasnya. ( Wan )

Shares:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *