DaerahJawa Barat

Peserta Dari 10 Instansi Ikuti Bimtek Keprotokolan, Kabag Prokompim Karawang : Tugas Protokol Tidaklah Ringan

Bimtek Keprotokolan Pemkab Karawang

KARAWANG, JabarNet.com- Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Karawang selama dua hari berturut turut sejak Rabu kemarin hingga Kamis 22-23 November 2023 ini, mendapatkan kunjungan dari para peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan.

Acara ini digagas oleh BKPSDM Karawang diikuti oleh sebanyak 10 orang peserta yang berasal dari dinas terkait.

Adapun materi Bimtek Keprotokolan yang diberikan diantaranya pengantar keprotokolan, tata tempat keprotokolan, dan tata cara upacara keprotokolan.

Kepala Bagian Prokompim, Hj. Ely Laeli Komala S.Sos dalam sambutanya saat menerima kunjungan peserta Bimtek di hari kedua menjelaskan, keberadaan protokol sangat penting dalam suatu lembaga pemerintahan, institusi, maupun organisasi.

“Tugas protokol tidaklah ringan, karena dalam hal ini menyangkut eksistensi atau harga diri seorang pejabat, juga harus bisa menjaga kehormatan dan birokrasi di pemerintahan atau lembaga institusi,” kata Kabag Prokompim.

Masih kata Kabag, selain ada Protokol, ada juga sub bidang dokumentasi pimpinan (dokpim) dan komunikasi pimpinan (kompim) yang memiliki tugas tak kalah penting dalam proses pelayanan pimpinan. Seperti misal bagian dokpim berfokus pada foto dan video kegiatan pimpinan, juga ada kompim yang menyiapkan naskah sambutan serta hasil rilis berita kegiatan pimpinan yang nantinya akan diposting di akun resmi instagram Prokompim.

“Ketiga bidang ini berkolaborasi dalam satu acara. Ya dari persiapan acara, pelaksanaan hingga selesainya acara,” ucapnya.

Sementara Kasubag Protokol Andri Supriadi mengungkapkan, protokol merupakan garda terdepan agar acara dapat berjalan sesuai perencanaan.

“Protokol harus menyiapkan plan a, plan b, plan c, agar suatu acara dapat berjalan dengan baik,” ujar Andri saat menyampaikan paparan materi keprotokolan dihadapan para peserta.

Menurutnya, bimtek ini sangat berguna sekali dan menambah wawasan seluruh personil pemerintahan yang biasanya terlibat dalam setiap acara resmi di berbagai OPD.

“Peningkatan kapabilitas ini akan membawa manfaat besar bagi dinas dinas di Pemkab Karawang dalam menjalin hubungan yang lebih baik dengan berbagai pihak serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat ke depan,” ujarnya.

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *