DaerahJawa Barat

Kukuhkan Pengurus Puspaga Campernik, Bupati Cellica : Maju Mundurnya Keluarga Jadi Perhatian Pemerintah Daerah

Pengukuhan Pengurus Puspaga Campernik
Pengukuhan Pengurus Puspaga Campernik Periode 2022-2027 di Halaman Plaza Pemkab Karawang

KARAWANG, JabarNet.com– Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana pimpin apel pagi sekaligus mengukuhkan Pengurus Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kabupaten Karawang periode 2022-2027.

Puspaga merupakan bentuk layanan untuk meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga melalui program pendidikan pengasuhan, keterampilan menjadi orang tua, keterampilan melindungi anak, kemampuan meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga maupun penyelenggaraan program konseling bagi anak dan keluarga.

Mengawali sambutannya Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengucapkan  selamat kepada para pengurus Puspaga yang telah dikukuhkan hari ini, senin (13/2/23).

” Puspaga Pusat Pembelajaran Keluarga,
Kita tahu keluarga adalah lini kecil dalam sebuah arti kehidupan, maju mundurnya keluarga itu sangat hal yang menjadi Pemerintah Daerah pasti pikirkan, majunya sebuah keluarga pastinya beban pemerintah akan makin sedikit, tetapi mundurnya sebuah keluarga pasti ini menjadi pemikiran kita semua,” ucap Bupati.

Pengukuhan Pengurus Puspaga Campernik

Menurut Bupati, keluarga sangat memiliki arti penting proses pembangunan yang ada disebagian wilayah termasuk Kabupaten Karawang.

” Kita tahu perkembangan Kabupaten Karawang begitu sangat pesat, dulu Karawang terkenal sebagai pusat lumbung Nasional, sekarang kita tahu Karawang sebagai pusat Industri Nasional, ada 5 project strategis Nasional di Karawang  yang artinya menuntut peran serta semua, termasuk didalamnya keluarga ,” tuturnya.

Bupati mengatakan, kasus DP2A di Karawang sangat banyak, tentunya peran Puspaga menjadi preventif.

” Hari ini kita bisa melihat di media sosial beberapa kasus orangtua bunuh anak, dan anak bunuh orangtua, menurut saya ini keprihatinan bangsa kita, dan itu adalah bermula dari rasa yang dimiliki keluarga,” katanya.

” Diera digitalisasi semuanya dapat diakses, ada dampak positif dan negatif, yang harus kita jaga adalah keluarga-keluarga kita, bagaimana peran orangtua mendidik anak, bagaimana anak memliki rasa hormat, cinta dan kasih sayang kepada orangtua, tentunya inilah harapan kita Puspaga menjadi garda terdepan mitra pemerintah daerah untuk jadi Pusat pembelajaran keluarga,” tambahnya.

Bupati berharap, kepengurusan Puspaga memiliki rencana kerja di 5 tahun kedepan.

” 5 tahun tentunya harus memiliki rencana kerja, mau seperti apa rencana kerja Puspaga, dan seperti apa kolaborasi yang akan di sinergiskan dengan Dinas P3A, Dinas Pendidikan, dan  Dinas Kesehatan, harapan kami keluarga di Karawang adalah keluarga yang sehat secara lahir dan bathin, kuat secara mental dan spiritual, serta menjadi keluarga yang pengayom, ” tutupnya. (Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *