Pemkab Karawang dan Perhutani Bahas Naskah MOU Rencana Pengelolaan Kawasan Hutan Wisata


KARAWANG, JabarNet.com- Pemerintah Kabupaten Karawang terus melakukan upaya serius untuk menciptakan daerah wisata terintegrasi. Salah satunya di daerah Kecamatan Tegalwaru di kaki Gunung Sanggabuana.

Sekda Karawang, H. Acep Jamhuri mengatakan, saat ini upaya tersebut tengah ditempuh yaitu pembahasan substansi naskah MOU terkait rencana pengelolaan kawasan hutan.

“Dari pihak Perum Perhutani sudah dihadirkan untuk membahas potensi tanah perhutani yang bisa dikembangkan untuk dikerja samakan dengan pemerintah daerah,” ungkap Sekda usai membuka acara Pembahasan Persiapan Kerja Sama Pengelolaan Hutan dan Penggunaan Kawasan Hutan pada Kawasan Hutan Lindung dan Hutan Produksi di Kabupaten Karawang antara Pemkab dan Perhutani, Rabu (6/10/2021) pagi di Hotel Novotel.

Sekda mengungkapkan, langkah pertama yang telah dilakukan adalah percepatan penyelesaian beberapa proyek infrastruktur. Menurutnya, sarana infrastruktur terus digencarkan sebagai penunjang akses menuju lokasi wisata dan menambah jumlah kunjungan calon wisatawan.

“Potensinya tidak hanya untuk destinasi wisata. Tapi punya potensi juga dalam bidang pertanian, keseimbangan lingkungan, ekonomi kreatif dan pengembangan UMKM. Nantinya akan ada efek domino,” ungkapnya.

“Pembahasan naskah MOU dengan pihak Perhutani ini akan dimatangkan. Dan kalau kedua belah pihak, yaitu Pemkab dan Perhutani sepakat, naskah akan ditandatangani oleh ibu Bupati. Nanti akan ada tindak lanjut lagi,” tambahnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here