Karawang Masih Tertinggi Pemasok Padi Nasional, Ini Cara Ampuhnya

22


KARAWANG, JabarNet.com– Karawang daerah terluas yang terhampar pesawahan sampai pelosok desa, menjadi salah satu kota berjuluk lumbung padi, dan saat ini masih tertinggi pemasok padi Nasional.

Dalam catatan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang, Hasil panen padi tercatat berhasil di angka 1,4 juta ton dengan luas lahan 94.000 hektar pada tahun 2021.

Kabid Tanaman pangan dan Hortikultura Distan Karawang Karawang Edi Suryana mengatakan, bahwa hasil panen padi di Karawang surplus.

” berdasarkan jumlah kebutuhan masyarakat Kabupaten Karawang pertahun sebesar 300 ton beras, Jika di hitung dari padi 1,4 juta ton, menjadi 800 ton beras.” Ucap Edi Suryana kepada JabarNet.com, Kamis (13/1/22).

” Untuk sisa nya 500 ton itu di kirim ke berbagai daerah di Indonesia, Karawang menjadi penyumbang terbesar stok beras Nasional ke dua, setelah Indramayu menetap di posisi pertama.”Ungkapnya

Menurut Edi, walaupun hari demi hari lahan sawah tergerus oleh pembangunan pemukiman yang menjadikan lahan pertanian untuk sawah semakin menipis. Tetapi tidak kemungkinan cara lain menjadi nihil.

” Dinas pertanian telah mengupayakan cara, yaitu cara 4 kali panen dalam 1 tahun. Itu sudah dilakukan dengan luas lahan sawah 25 hektar di daerah ciampel, dengan menggunakan kualitas Super di tahun 2021.” Ujarnya

Dikatakan Edi, memang tak seperti biasa nya dilihat panen padi hanya 2 atau 3 kali dalam 1 tahun, tetapi dengan kualitas itu bisa terjadi.

” Target tahun 2022 ini 1,5 juta panen padi, mengandalkan dari luas lahan kan tidak mungkin bisa. Kita upayakan dengan cara tahun 2021 itu, yang tadinya 25 hektar menjadi 1.000 hektar di coba tahun 2022.”tambahnya

Ia mengatakan, Indeks Pertanaman menjadi salah satu fokus pemerintah daerah, melalui beberapa kelompok petani yang tersebar di Kabupaten Karawang. Apalagi karawang sendiri menghasilkan padi berkualitas yaitu Padi Nutri zinc.

” Padi Nutri Zinc ini sudah tersebar di Purwakarta, dan daerah lainnya. Karena merupakan hasil terobosan pemuliaan tanamanĀ padiĀ untuk menyediakan pangan dengan kandungan gizi tertentu.”ujarnya

” Saya harap tahun ini bersemangat lagi para petani, disisi lain menjadi penyumbang padi terbesar skala Nasional, Karawang tetap mempunyai kualitas padi yang tinggi juga.” Pungkasnya (YM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here