DaerahJawa Barat

Gobang (Golok) Berukuran Panjang 7 Meter Berat 800 Kg Rencana di Bawa Ke  Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Sekda Acep Jamhuri Saat Menyambut Kedatangan Gobang (Golok) 7 Meter

KARAWANG, JabarNet.com-  Gobang (Golok) berukuran panjang 7 meter berat 800 kg karya seniman Jawa Barat tiba di Makodim 0604 Karawang, minggu malam (14/8/2022).

Kedatangan golok raksasa di Markas Kodim 0604 Karawang itu disambut langsung oleh Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Kav. Makdum Habiburrahman dan  Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Acep Jamhuri. Dibawa dengan mobil truk, perangkat golok yang terdiri dari sarung, bilah golok dan penopang itu sampai harus diangkat oleh 11 orang ketika menurunkannya dari truk.

Rencananya, golok besar itu akan disertakan dalam konvoi Kirab Kemerdekaan Rengasdengklok pada Tanggal 16 Agustus 2022 besok.

“Golok berukuran besar ini karya Seniman Jawa Barat yang diprakarsai oleh Pak Dandim kita. Terserah masyarakat mau dinamain apa, yang pasti karya seni ini untuk warga Jawa Barat,” kata Sekda Acep sesaat setelah menurunkan golok.

Acep juga mengatakan, golok berukuran besar itu rencananya akan dibawa saat konvoi dari Markas Kodim 0604 Karawang ke Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok pada Tanggal 16 Agustus 2022 besok. Tapi, karena akses jalan menuju Tugu Kebulatan Tekad tidak terlalu besar, maka dibawa atau tidaknya masih menunggu evaluasi.

“Belum tau, dibawa atau tidaknya nanti (Konvoi Kirab). Kita lihat saja nanti,” ujar Acep.

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Kav. Makdum Habiburrahman mengaku masih butuh waktu untuk menjelaskan asal muasal keberadaan golok besar ini. Karna, menurutnya harus disiapkan dulu bahan-bahannya supaya nanti penjelasannya lengkap.

“Nanti, akan dibuka historisnya. Sejarahnya, tujuannya dan siapa saja yang terlibat dalam proses pembuatan golok ini. Tunggu ya,” kata Dandim.

Pastinya, ujar dia, golok ini merupakan karya para Seniman Jawa Barat untuk warga Jawa Barat.

“Seperti Republik Indonesia ini yang muncul dari Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Golok ini pun sengaja dimunculkan di Karawang,” terang dia

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *