DaerahJawa Barat

Dinas Pertanian Targetkan Beras Karawang Bisa Ekspor


KARAWANG, JabarNet.com– Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang Hanafi Chaniago memastikan ketersediaan saprodi berupa Pupuk ditahun 2022 mencukupi.

Walaupun menurut Hanafi Dosisnya untuk pupuk sudah dinaikan.

” Alhamdulillah ketersediaan pupuk di Karawang untuk tahun ini cukup, walaupun dosisnya sudah dinaikan oleh pusat, di tahun 2021 dosis urea itu hanya 225 kg/ hektar, nah untuk tahun sekarang sampai 250 Kg/hektarnya,” Ungkap Hanafi Kepada JabarNet.com, Jum’at (28/1).

Dikatakan Hanafi, untuk memenuhi kebutuhan Pupuk urea di Kabupaten Karawang Pemerintah pusat telah memberikan quota sebesar 64 ribu ton ditahun 2022, jauh lebih besar dibanding tahun 2021.

” yang kedua Pemerintah pusat menginginkan untuk peningkatan produksi beras, alhamdulillah tahun 2021 Karawang meningkat untuk produksinya sekitar 17,5 persen atau 1,29 juta Ton gabah dibandingkan dengan tahun 2020,” Terangnya.

Disampaikan Hanafi, kedatangan Menteri Pertanian ke Karawang diminggu lalu menginginkan Kabupaten Karawang meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) ), yang memang masih dikondisi IP 200.

” Katanya kalau bisa untuk Karawang IP sampai 400, jadi setahun itu 4 kali tanam- 4 kali panen,” Ucapnya.

” Memang untuk 4 kali tanam 4 kali panen dalam satu tahun ini sudah kita coba di Ciampel sekitar 25 hektare, nah untuk sekarang kita coba tidak terlalu banyak sekitar 1000 hektare yang sudah ada CPCL nya, diharapkan bisa meningkatkan produksi berasnya,” Kata Hanafi.

Lebih lanjut Hanafi mengatakan, bahwa kondisi Karawang saat ini beras Surplus sampai 500 ribu ton / tahun.

” Pak Menteri Pertanian menginginkan Karawang lhauncing ekspor beras tahun ini, sekitar bulan maret-april, sehingga Karawang bisa ekspor beras, ” Ujarnya.

Karawang sendiri disampaikan Hanafi memiliki 2 beras unggulan yaitu beras Ciherang dan Impari 32.

” Kalau padi unggulan kita yang paling banyak tanam itu Ciherang dan Impari 32,” Tutupnya. (Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *