DaerahJawa Barat

Dari Budidaya Ikan Hingga Bercocok Tanam, Kades Pucung H. Rahmat Gagas Program Ketahanan Pangan Olah Lahan Tidur Jadi Produktif

Linmas Desa Pucung Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Menjalankan Program Ketahanan Pangan

KARAWANG, JabarNet.com – Kepala Desa Pucung Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang menggagas program ketahanan pangan mengolah lahan tidur menjadi produktif.

Program tersebut dengan memperdayakan aparatur desa setempat, seperti halnya usaha budidaya ikan dan peternakan.

Dalam program ketahanan pangan ini Kepala Desa Pucung H. Rahmat menyampaikan, selain melibatkan aparatur desa juga melibatkan masyarakat.

” saya berusaha memberdayakan semua, untuk kemajuan masyarakat dan perkembangan desa,” Ucap H. Rahmat Kepada JabarNet.com, Rabu (9/11/2022).

Diketahui  H.Rahmat, Kepala Desa Pucung, berhasil mendorong dan membina BUMDes masuk salahsatu yang terbaik di Kabupaten Karawang.

“Program ketahanan pangan itu, saya arahkan untuk budidaya ikan, ternak kambing, ternak entok, juga berkebun, dan realisasinya dilaksanakan secara kerjasama,” Katanya.

Sementara itu aparat Linmas Desa Pucung mandor (40), sebagai pelaksana kerja mengatakan, dengan program yang digagas Kepala Desa ada kegiatan setiap harinya.

” alhamdulilah bagus, ada kegiatan bagi kami linmas di desa ini setiap  hari, selain diluar linmas kita bisa ke kebun bercocok tanam, dan tambak ikan ,” Ujarnya.

Hal sama pun disampaikan Ahrim (42) Linmas Desa Pucung, bahwa program ketahanan tersebut meliputi penanaman Palawija seperti tanam jagung, bayam, kangkung, kacang panjang, terong, budidaya anggur.

” dan ada juga kolam budidaya ikan, serta rencana kedepan akan membuat kolam ikan bioplok,” Kata Ahrim.

Menurutnya dengan adanya arahan pembinaan usaha program ketahanan pangan ini dinilai positif.

“mudah – mudahan kedepan banyak lagi kegiatan, Kita bisa memanfaatkan lahan yang ada, yang tadinya lahan itu nganggur bisa produtif,” pungkasnya.(YO)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *