DaerahJawa Barat

Closing Ceremony UMKM Juara Tahun 2021, Dinkopukm Karawang Gelar 144 Produk Unggulan


KARAWANG, JabarNet.com- Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang gelar Closing Ceremony UMKM Juara Jabar Tahun 2021 , bertempat di halaman Dinkopukm Kab Karawang, Rabu (3/11/2021)

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang Ade Sudiana mengatakan, Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Program UMKM Juara Jabar Tahun 2021.

” Kegiatannya sendiri berupa pendampingan terhadap 144 pelaku UMKM di Kab Karawang yang didampingi oleh 1 orang Koordinator Daerah dan 6 Orang pendamping UMKM, Untuk tahun 2021 kegiatan ini berlangsung selama 1( satu ) bulan terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2021 – 31 Oktober 2021 yang diisi dengan Pendampingan baik secara luring maupun daring. Pendampingan berupa pelatihan literasi keuangan, Optimasi Whatsapp bisnis, Digital Marketing, Penerapan SNI, Selling Skill, ” Ungkap Ade Sudiana Kepada JabarNet.com.

 

Lebih lanjut Ade Sudiana juga menjelaskan closing ceremony ini sebagai bentuk berakhirnya kegiatan Pendampingan Program UMKM Juara tahun 2021 di Kabupaten Karawang.

” Diharapkan 144 peserta lulusan UMKM Juara Tahun 2021 bisa menerapkan ilmu yang diterima selama pendampingan serta bisa meningkatkan kualitas SDM, Produk dan kuantitas produknya,” Katanya.

Menurut Ade Sudiana, dengan digelarnya acara Closing Ceremony dengan kegiatan Bazzar Produk UMKM, Pelayanan Pembuatan NIB Berbasis resiko, Talk show ini bisa sebagai alat bantu promosi dan memperkenalkan produk UMKM Karawang.

” 1 pendamping itu membina 24 UMKM, nah ketika produk UMKM nya belum memiliki legalitas seperti sertifikat halal dan PIRT nanti kita akan membantunya untuk dilengkapi, Ujarnya

Adapun ditanya terkait lamanya proses sertifikat halal untuk UMKM dijelaskan Ade Sudiana karena ada mekanisme yang harus dilakukan.

” Sertifikat halal itu ada di BPJPH dan MUI, Proses yang ditemouh mulai dari pendaftaran di Dinas kemudian didaftarkan ke BPJPH melalui Lembaga Sertifikasi yang sudah ditunjuk dan bekerjasama dengan BPJPH, Audit oleh Lembaga Sertifikasi, Sidang Fatwa di MUI baru kemudian terbit sertifikat halal. intinya kita (Dinas Koperasi-red) siap memfasilitasi dan membantu kelengkapan legalitas usaha para UMKM,” Tutupnya.

Sementara itu Anggi Pasca Arnu, S.E., M.M. salahsatu pendamping UMKM mengatakan sebenarnya acara UMKM Jabar ini sudah berjalan 3 tahun dari tahun 2019.

” Tiap Kabupaten itu ada pendamping UMKM yang di SK kan melalui proses seleksi dan rekomendasi dari Dinas terkait dan Program UMKM Juara ini merupakan Program yang ditujukan bagi UMKM untuk Naik Kelas setelah pendampingan selesai, jadi pendampingan ini untuk memfasilitasi perizinan, pengembangan produk, dan legalitas usaha, ” Kata Anggi disela acara.

Maka dari itu, adanya acara Closing Ceremony Program UMKM Juara, Anggi berharap Karawang mempunyai UMKM unggulan yang bisa menjadi kebanggaan.

” Saya berharap Karawang mempunyai produk unggulan sehingga akan menjadi kebanggaan masyarakat , dan semoga outlet-outlet Karawang bisa hidup lagi dikita kan banyak industri, serta didorong oleh kebijakan pemerintah daerah lebih mempromosikan produk-produk lokal unggulan UMKM Karawang,” Tandasnya. (Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *