DaerahJawa Barat

Bupati Cellica Berharap Keberadaan Pasar Proklamasi Rengasdengklok Dongkrak Perekonomian Warga

 

Bupati Cellica Memberikan Sambutan di Soft Opening Pasar Proklamasi Rengasdengklok

KARAWANG, JabarNet.com-  Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana membuka soft opening pasar Proklamasi Rengasdengklok.

Soft opening digelar di Plaza Pasar Proklamasi itu dihadiri oleh sejumlah forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), sejumlah pedagang pasar Rengasdengklok atau pasar lama, dan perwakilan dari PT KAI, Rabu (12/10/2022)

Dalam sambutannya Bupati Cellica mengatakan, keberadaan pasar proklamasi ini sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah untuk membenahi Rengasdengklok dan sekitar wilayah Utara.

“ Pembangunan Pasar Proklamasi telah melewati suatu proses yang panjang. Sejak saya menjabat pada tahun 2015 berarti sudah 7 tahun akhirnya pembangunan pasar ini berhasil dilaksanakan, ini merupakan proses panjang dengan niat yang baik,” ucapnya.

Menurut Bupati, beberapa tahun sebelumnya pemerintah daerah juga telah membangun jembatan penghubung antara Rengasdengklok dan Pebayuran, Bekasi.

“Harapan saya tidak lama setelah soft opening ini, ada grand opening pasar proklamasi Rengasdengklok,” katanya.

Bupati Cellica bersama Sekda Acep Jamhuri dan Direksi PT VIM

Cellica menilai baik atas progres pembangunan pasar proklamasi yang dikerjakan oleh pengembang. Sebab pembangunan pasar di Rengasdengklok ini sudah melewati suatu proses yang panjang.

Kemudian dia berharap PT VIM dapat meyakinkan agar pedagang dan pembeli di Pasar Proklamasi ini merasakan kenyamanan.

“Tugas kami adalah mendukung semua proyeksi pembangunan,” kata Bupati Cellica.

Bupati Cellica berharap keberadaan pasar proklamasi ini dapat mendongkrak perekonomian untuk warga sekitar.

” Terlebih lagi kedepannya juga pemerintah daerah akan membangun ruang terbuka hijau dan rumah sakit tipe C di Rengasdengklok,” Tuturnya.

Selain soft opening, acara itu juga dilakukan penandatanganan akad kredit secara simbolis antara pedagang dengan bank BRI, serta memberikan sejumlah door prize seperti motor untuk pedagang yang sudah melakukan akad kredit.

Diketahui Pasar Proklamasi Rengasdengklok dibangun PT Visi Indonesia Mandiri (VIM) di atas lahan sekitar 5,4 hektar milik pemerintah daerah.

Sementara dalam sambutannya, Direksi PT VIM Gregorius Samuel Jan menyebut telah membangun 928 unit tempat usaha yang terdiri dari 208 kios dan 720 los di Pasar Proklamasi. Hingga saat ini sudah ada 633 unit yang dipesan oleh pedagang, dan semua itu sedang diajukan proses pengajuan kreditnya ke bank mitra pembiayaan.

“Apabila di kemudian hari ada permintaan unit (tempat usaha). Kami telah menyediakan 234 unit los yang akan segera kami bangun,” kata Samuel.

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau kepada pedagang untuk segera menyelesaikan pengajuan berkas administrasi kredit pembiayaan kios dan los kepada bank yang telah menjadi mitra pembiayaan.

Hal itu agar proses pengajuan kreditnya dapat berjalan dengan lancar.

“Karena salah satu syarat utama masuk di pasar Proklamasi adalah sudah lunas atau sudah akad kredit dengan pihak perbankan,” imbuhnya.

Kemudian pihaknya juga meminta pedagang agar memberikan kepercayaan penuh kepada PT VIM, dan tidak termakan isu-isu yang dapat merugikan pedagang seperti pembelian lapak yang tidak resmi dan tidak berizin di lahan PJKA atau di atas lahan perum jasa Tirta yang akhirnya tidak ada kepastian dan dapat merugikan pedagang.

“Semoga pasar proklamasi Rengasdengklok ini bisa membawa berkah kebahagiaan baik kepada para pedagang, konsumen dan masyarakat sekitarnya,” Tandasnya (Ist/red)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *