DaerahJawa Barat

3 Hal Arah Kebijakan Pembangunan Karawang, Salahsatunya Selesaikan Rulahu Target RPJMD

KARAWANG, JabarNet.com– Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang ditahun 2021 selain Fokus penanganan Covid-19 diantaranya pemulihan ekononomi,  dan menyelesaikan Rumah Layak Huni (Rulahu) yang menjadi target dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karawang periode 2016- 2021 dimasa kepemimpinan Cellica-Jimmy.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Karawang  Asip Suhendar, bahwa sesuai hasil zoom meeting dengan Kemendagri masih difokuskan penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi.

“Sesuai hasil  zoom meeting dengan Kemendagri kita masih ke penanganan Covid-19, karena Covid-19 sampai kapan berakhirnya kita belum tahu,” Kata Asip Kepada JabarNet.com di Plaza Pemkab Karawang, Selasa (22/12/2020).

Yang kedua menurut Asip terkait Pemulihan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19.

“ Pemulihan ekonomi yang terus kita giatkan, makanya kita support khusus ke Dinas Koperasi, terutama UMKM nya harus betul-betul maksimal,” Ucapnya.

Lebih lanjut Asip, yang ketiga masih mengejar RPJMD yang masih belum selesai.

“jadi 3 hal itu arah kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Karawang, dan ada beberapa indikator, salahsatunya Rulahu yang terus kita tingkatkan sampai selesai,” Jelas Asip.

Dari pemulihan Ekonomi itu sendiri di Karawang,  Asip merasa optimis melalui UMKM apa yang menjadi program Dinas Koperasi dan dari program Nasional yang masuk ke Kabupaten Karawang.

“ Kita optimislah, karena dilihat geliat perekonomian dipelosok Daerah, makanya kita nanti ada program One Pesantren One Product (OPOP) dan program-program lainnya yang sudah kita leading,”

“ untuk prorgram Nasional ditahun 2021 yang masuk ke Kabupaten Karawang masih tetap berjalan, program Nasional itukan diantaranya ada kereta api cepat, Japek 2, dan sebentar lagi ada Sentul Selatan yang masih dalam kajian,” Paparnya.

Ditanya apakah ada perubahan Tatang Ruang Kabupaten untuk menyesuaikan dari Program-program Nasional, menurut Asip hal itu akan secara otomatis karena sudah ada Keputusan Presiden (KEPRES).

“Yah otomatis itumah, karena itu sudah ada Keppres nya, kita harus memfasilitasi program-program yang dilaksanakan program pusat,” Timpalnya.

Asip Juga mengatakan, Pemkab Karawang telah memiliki istilah RPJMD Teknokrat yang artinya setiap Visi-Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Secara otomatis akan masuk.

“Nah nanti begitu terpilih Bupati dan Wakil Bupati akan secara otomatis masuk, baik Visi-Misi dan janji-janji Politik masuk ke RPJMD itu, sehingga nanti lengkap, “ Pungkasnya ( Wan).

 

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *