DaerahJawa Barat

Transformasi, Tantangan dan Harapan PDAM Karawang di Ke 34 Tahun di Bawah Kepemimpinan M.Sholeh


KARAWANG, JabarNet.com- Masih dalam suasana Pandemi Covid-19, maka HUT PDAM Tirta Tarum ke-34 hanya diselenggarakan secara sederhana.

Peringatan HUT kali ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu online dan offlne secara terbatas. Hal ini mengingat masih adanya lonjakan kedua Pandemi Covid-19, apalagi pasca Lebaran Idul Fitri 144 H. HUT PDAM Tirta Tarum tahun ini dilaksanakan tanggal 23 Mei 2021 atau seminggu setelah Lebaran.

Dikatakan Direktur Utama Perumdam Tirta Tarum Karawang M.Sholeh, Tema HUT kali ini adalah “Transformasi Tirta Tarum Menuju Lebih Baik”.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2021 ini PDAM akan bertransformasi statusnya menjadi Perusahaan Umum (Perum).

” Dengan status sebagai PERUMDAM Tirta Tarum diharapkan dapat lebih fokus kepada pelayanan masyarakat dengan pengelolaan yang lebih profesional, efektif dan efisien, Kata M.Sholeh.

Dijelaskan M.Sholeh, Dengan perubahan status ini tak ada perubahan kepemilikan Perusahaan tetap menjadi milik Pemkab Karawang melalui Bupati Karawang.

” Spekulasi akan berubah status menjadi PT yang lebih fokus kepada keuntungan semata pupus sudah. Akan tetapi dengan perubahan status ini manajemen tetap dituntut lebih profesional dan bekerja lebih keras lagi, sebab selain fokus kepada pelayanan, ketentuan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) tetap berlaku, meskipun ada batasan tertentu cakupan pelayannya, ” Ungkapnya.

M.Sholeh mengatakan, Melanjutkan tekad Manajemen dibawah kepemimpinannya Perumdam Tirta Tarum semakin kokoh medekati target pelayanan 100.000 pelanggan di masa kepemimpinannya sebagai kelas PDAM yang besar dan disegani.

“Saat ini jumlah pelanggan sudah melampaui 94.000 pelanggan aktif atau meningkat lebih dari 30% di era kepemimpinannya. Bahkan berdasarkan penilaian masih bertengger di peringkat 12 se-Jabar meskipun ditengah Pandemi Covid-19, dan peringkat 92 Nasional, ” Terangnya.

Tantangan

Lebih lanjut M.Sholeh, Dengan transformasi PDAM menjadi Perumdam maka tantangan yang dihadapi bukanlah semakin sedikit, akan tetapi semakin banyak, apalagi menghadapi semakin besarnya kapasitas dan jumlah pelanggaran serta kompleksnya permasalahan teknis dan non-teknis.

” Beberapa permasalahan teknis diantaranya adalah usia perpipaan, usia infrastruktur dan peralatan, kapasitas produksi, kualitas air baku dan kondisi geografis layanan. Sedangkan masalah non-teknis seperti rendahnya tarif, SDM, finansial, IT dan mansalah non-teknis lainnya, Ujarnya.

” Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi kualitas layanannya. Demikian juga dengan kondisi Non FCR (Non Full Cost Recovery) di tahun 2019 dan 2020 hasil Audit Independen merupakan tantangan Manajemen untuk terus eksis ditengah berbagai tantangan tersebut, apalagi ditengah terpaan Pandemi Covid-19,” Kata M.Sholeh menambahkan.

Kemudian sebuah Harapan, menurut M.Sholeh Tahun 2021 adalah tahun Transformasi Tirta Tarum untuk menuju yang lebih baik lagi. Tentunya selalu ada harapan peningkatan layanan dan sinergi antara Perumdam dengan Eksekutif dan Legislatif dalam meningkatkan layanan terbaik untuk seluruh warga Karawang, khususnya pelanggan Perumdam Tirta Tarum.

” Beberapa perbaikan yang telah dicapai hingga tahun 2021 ini diantaranya adalah sebagai berikut : (1) Peningkatan jumlah pelanggan lebih dari 30% dalam waktu 2,5 tahun dari 72.000 menjadi 95.368 SR; (2) Peningkatan pelayanan dengan konsep One Day Service (ODS) dan One Hour Service (OHS); (3) Tingkat kesehatan Perusahaan kategir sehat dan baik 3 tahun berturut-turut; (4) Pelunasan PAD 4 tahun sekaligus tahun 2016 – 2019 kepada Pemda, Ulasnya.

” Yang ke(5) Penyelesaian beberapa permasalahan tanah, bangunan, PBB, ppH, dan beberapa permasalahan lainnya; (6) Kepercayaan Mitra dalam kerjasama dan pendampingan dari USAID IUWASH SECO, Water.org, hibah, maupun PPOB; (7) Penerapan Nilai Inti Perusahaan (Best Service” sebagai langkah merubah budaya organisasi yang lebih baik, ” Imbuhnya.

Maka daripada itu, M.Sholeh mengungkapkan, Berbagai capaian tadi tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan Dewas, Bupati, DPRD, OPD terkait maupun seluruh masyarakat.

” Kedepan PDAM Tirta Tarum Karawang bertekad menjadi PDAM besar dengan target mecapai 100.000 SR dan disegani baik tingkat Lokal, Regional maupun Nasional”

” Dirgahayu Perumdam Tirta Tarum Karawang ke-34! Semoga Jaya menuju Perumdam terbaik sesuai harapan masyarakat. Mohon do’anya seluruh masyarakat Karawang.” Kata M.Sholeh (***)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *