DaerahJawa Barat

Tak Perlu Beli Unit Baru, DLHK Karawang : Tambah Unit Truk Armada Angkut Sampah Bisa Dengan Sewa

Sumber Photo (Karawang Bersih)

KARAWANG, JabarNet.com- Upaya penanganan sampah, Dinas Lingkungan  Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten  Karawang akan menambah unit armada angkutan sampah, karena armada yang dimiliki DLHK  tidak mencukupi dan bahkan banyak yang tidak layak.

Kepala bidang (Kabid) Kebersihan DLHK Kabupaten Karawang Guruh Sapta, menyebut akan menambah unit truck pengangkut sampah di tahun 2021. Namun penambahan unit truck tersebut DLHK tidak dengan membelinya , cukup hanya dengan pengadaan jasa sewa.

Pasalnya, bukan hanya akan menambah banyak unit dengan anggaran yang terbatas, hal itu juga dianggap mampu memberikan solusi epektif ditengah keterbatasan anggaran akibat kondisi Pademi COVID-19.

“Penambahan unit bisa dengan metode sewa, cara ini epektif, karena contoh jika dengan anggaran 1 Miliar jika kita beli hanya akan terbeli sekitar 2 unit, tapi jika kita sewa akan lebih banyak,” ujarnya, saat dikonfirmasi JabarNet.com, dikantornya, Senin (09/02).

Kepala bidang (Kabid) Kebersihan DLHK Kabupaten Karawang Guruh Sapta saat Paparan Mekanisme Pengangkutan Sampah

Dianggap cara tersebut cukup epektif, Guruh akan merealisasikannya dengan mengajukan kegiatan agara dapat didanai menggunakan APBD murni tahun anggaran 2021.

“Kita sudah ajukan agar kegiaan bisa segera disetujui oleh Dewan, sebesar 2,5 Milliar dengan target pengadaan sewa truck 10 unit untuk sekitar 3000 rit per 10 bulan, diharapkan dapat terealisasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Guruh juga mengedukasi masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan, karena merupakan tindakan merusak lingkungan yang justru akan berdampak buruk terhadap tatanan kehidupan.

“Persoalan sampah adalah persoalan yang harus diselesaikan bersama, peran strategis DLHK tanpa dibantu peran masyarakat tidak akan dapat menyelesaikan persoalan, kita semua harus sadar akan kebersihan, buang sampah pada tempatnya, jangan sampai ketika sampah dibuang bukan pada tempatnya yang dapat mengakibatkan banjir, karena aliran sungai terhambat oleh sampah,” tandasnya.(red).

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *