DaerahEkonomi

Saksikan Yuk ! Durian Lokal Loji Karawang Besok Akan Dikonteskan di Technomart, Dinas Pertanian : Rasanya Enak dan Lezat

 

Festival Durian Loji Karawang

KARAWANG, JabarNet.com–  Kabupaten Karawang memiliki potensi baik Lautan, pegunungan, pesawahan, dan Industri.

Namun siapa sangka dibalik semua itu tersimpan hasil pertanian yaitu Durian yang tak kalah dengan durian lain.

Dalam rangka upaya memperkenalkan durian asal Loji Karawang tersebut, besok akan digelar Pestival Durian Loji yang akan digelar di Technomart Galuhmas Karawang, Sabtu (28/1/23),

Kegiatan ini merupakan kolabarasi antara komunitas pecinta durian dan Himpinan Alumni IPB dengan Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten karawang menyambut baik dan sangat  mensuport agar kegiatan terlaksana dengan sukses, karena ini merupakan acara perdana.

” Sebenarnya Dinas Pertanian bertindak sebagai Fasilitator untuk kegiatan  yang diinisiasi oleh Komunitas pecinta durian bersama Himpunan Alumni IPB terkait permintaan kontes durian loji Karawang ini dan memang tidak direncanakan, besok rencananya digelar di Technomart Galuhmas,” ungkap Nani Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Karawang, Jum’at (27/1/23).

 

Festival Durian Loji Karawang

Nani mengatakan, sejauh ini yang diketahui Dinas Pertanian dan yang sudah terdaftar beberapa durian asal loji Karawang memiliki beberapa varian, diantaranya durian Si Dubleng, durian si WR, durian si Bedil, durian si monyong, durian si terong, durian si nangka, durian si dempok, durian si geblug, durian si wajit, durian Adot, durian tirilik, durian aca, durian Dati, durian Lapak Eye, durian Nengsih, durian sukri, durian ace, durian si layung, durian si orok, dan durian beuleutong.

” Untuk rencana besok durian yang akan dikonteskan semua asli dari Karawang, kita pernah coba beberapa varian rasanya sangat bervariasi, manis manis berujung pahit,manis cruncy, manis lembut, dan banyak lagi sensasi rasa duriannya. Ada lebih dari 50 varian durian yg akan ikut kontes, panitia dari HA IPB sedang merekap data yang masuk , ucapnya.

Baca juga : APEKI Ciptakan Kopi Jadi Ciri Khas Produk Kabupaten Karawang

Menurut Nani, besar harapan digelarnya kontes durian asli Karawang dapat menggali potensi Lokal Karawang terutama durian. Selain itu juga bisa mempromosikan durian yang selama ini belum banyak dikenal.

” Harapannya dengan kontes ini nanti durian Karawang terkenal. Karawang  mempunyai kebanggan salah satunya durian Loji Khas Karawang yang tidak kalah enaknya, tidak kalah lezatnya sama durian lain,” katanya.

” kita berharap juga bisa meningkatkan daya beli masyarakat baik dari karawang maupun dari luar daerah. ternyata respon dari luar daerah sangat bagus dengan adanya festival durian loji Karawang,” tambahnya.

Festival Durian Loji Karawang

Selain mempromosikan dan meningkatkan daya jual, kedepannyanpun dikatakan Nani ingin ada wisata durian di Karawang.

” Saya ingin nanti nya di Karawang ada wisata durian, jadi bisa meningkatkan kesejahteraan para petani durian di wilayah Karawang selatan, dan  untuk meningkatkan pengetahuan tentang budidaya durian nanti akan diadakan juga Bimtek duriannya,” tutupnya. (Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *