DaerahJawa Barat

Penutupan di Bundaran Ramayana, Kadishub : Nanti di Koordinasikan Dengan Kasatlantas Polres Karawang

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, Arif Bijaksana

KARAWANG, JabarNet.com– Hampir sekitar 2 tahun penutupan di bundaran Mall Ramayana yang ditutup sebagian dikeluhkan sejumlah warga, pasalnya penutupan tersebut dianggap mengganggu selain mengganggu aksesbilitas warga menuju pusat Karawang Timur dan Klari, juga membuat beban ekonomi (BBM) warga bertambah karena harus memutar arah lagi ke depan Samsat

Menanggapi keluhan warga akan hal itu, pengamat kebijakan Pemerintah Asep Agustian yang sering disapa Askun ini juga ikut menyoroti, bahkan dikatakanya Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang untuk tidak buta dan tuli dengan keluhan-keluhan warga perihal waterbarrier yang ada di bundaran Mal Ramayana.

“Kalau waterbarrier digunakan sebagai rekayasa mengurai kemacetan, itu sah-sah saja dan itu biasanya tentatif. Lah ini waterbarrier terpasang sudah hampir dua tahun dan hampir 24 jam. Memanngnya di bunderan Mal Ramayana 24 jam macet terus? Kan Enggak,” Kata Askun.

Asep Agustian SH, MH

Menurut Askun, saat ini bunderan Mal Ramayana cenderung tidak selalu macet. Pasalnya, anak sekolah diliburkan karena daring pembelajarannya dan karyawan tidak melalui akses tersebut. Akses ke bunderan itu hanya sedikit macet ketika ada kereta api lewat dan kereta lewat pun tidak setiap jam.

Waterbarrier digunakan boleh saja ketika ada perayaan hari besar, misalnya jelang Lebaran Idul Fitri, hari raya Natal dan Tahun Baru serta hari besar lainnya.

“Dishub bisa bayangkan enggak sih jika ada keluarga bawa pasien yang kondisinya darurat mau dibawa ke RS Hermina tapi aksesnya terganggu karena waterwabarriersehingga harus memutar arah di depan Samsat. Itu pun putaran depan Samsat kadang sering macet juga,” ujarnya.

“Dishub jangan banyak diam, hal yang seperti ini harusnya peka karena keadaan dan kondisi saat ini semua sedang sulit,” timpalnya.

Askun menegaskan, jika memang bunderan Mal Ramayana itu sudah tidak lagi difungsikan, maka lebih baik bundaran tersebut ditutup permanen pakai betonbarrier, sehingga tidak perlu lagi ada bundaran.

“Imbasnya seni kotanya sudah hilang ketika bundaran itu ditutup permanen,” ucapnya

Yang sangat disayangkan Askun adalah Dishub tampak terkesan diskriminatif terhadap warga perihal waterbarrier di bundaran tersebut. Yakni, ketika para pejabat melewati bundaran tersebut, maka waterbarriernya dibuka.

“Emangnya bundaran Mal Ramayana milik pejabat doang. Lah pejabat mah enak, mobil dan BBM difasilitasi sama negara, lah ini warga apa-apa pakai uang pribadi juga bayar pajak,” sindir Askun.

Askun menambahkan, jika memang Dishub membutuhkan tenaga SDM untuk ditugaskan membuka tutup waterbarrier di bundaran Mal Ramayana, maka Dishub buka saja loker tenaga harian lepas (THL).

“Saya minta solusi terbaik dari Dishub agar keluhan warga diakomodir. Sekali lagi, kalau memang terus menerus pakai waterbarier, ya mending tutup permanen saja,” Tegas Askun

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Karawang Arif Bijaksana ketika dikonfirmasi via ponselnya kepada jabarNet.com, menyikapi persoalan tersebut pihak nya akan berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Karawang.

” Nanti di koordinasikan dengan Kasatlantas Polres Karawang untuk dievaluasi bersama,” Singkat Arif. (Ist/ Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *