Kuliah Kerja Nyata Online UBP Karawang di Desa Pangulah Selatan

Pelaksanaan KKN Online UBP Karawang

KARAWANG, JabarNet.com- Universitas Buana Perjuangan Karawang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021 secara online yang dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Salah satu dari beberapa desa yang ada di kabupaten Karawang yang menjadi lokasi kegiatan KKN kali ini adalah Desa Pangulah Selatan Kecamatan Kotabaru.

Dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Era New
Normal” Kegiatan KKN ini berlangsung selama 1 bulan terhitung sejak tanggal 1 Juli 2021 sampai dengan tanggal 31 Juli 2021. Yang di isi dengan beberapa program kerja secara online diantaranya;

– Pengisian data Profil Desa dan Kelurahan (PRODESKEL).
– Proyek Desa dan Pembinaan 2 UMKM yang bertujuan untuk mengembangkan potensi UMKM agar tetap berjalan meskipun di tengah pandemi.

Profil Desa dan Pelaksanaan :
Desa Pangulah Selatan memiliki luas wilayah kurang lebih 560 Hektar dengan jumlah
penduduk sebanyak 10.482 jiwa. Mayoritas pekerjaan masyarakat didesa ini sebagai pengrajin di bidang tekstil seperti Topi, Boneka dan Celana Pendek.

Masyarakat Desa Pangulah Selatan ini juga ada yang bekerja sebagai Petani Jahe yang memiliki luas kebun nya seluas 0,2000 hektar. Dan tidak sedikit pula masyarakat desa pangulah selatan ini memilih usaha Ikan Hias yang mengisi lahan-lahan kosong dengan membuatkan kolam untuk mengembangbiakan ikan hias tersebut.

Berdasarkan profil desa pangulah selatan ini Mahasiswa UBP yang melakukan kegiatan KKN akan memilih 2 UMKM yang akan di bina yaitu Usaha Topi dan Usaha Budidaya Ikan Hias.

Dimana Usaha Topi yang dimiliki Bpk Endang ini mengalami Penurunan yang cukup banyak sekitar 50% dari penghasilan sebelum Pandemi dan Untuk Usaha Budidaya Ikan Hias ini yang dimilki oleh Bpk. Rudi ini di Saat peminat ikan hias sedang naik, pak rudi kesulitan memenuhi permintaan pelanggan pelanggan sehingga pembeli tidak jarang membeli bibitan ikan hias yang baru beberapa minggu.

Padahal ideal nya saat pembibitan minimal membutuhkan waktu sekitar 3 (tiga) bulanan. Pembinaan dilakukan dengan memberikan beberapa usulan kepada kedua UMKM berupa video dengan judul pembinaan Strategi Pemasaran di era New Normal.

Dengan adanya kegiatan KKN ini, kami berharap ide-ide dan ilmu yang kami sampaikan kepada masyrakat untuk mengembangkan potensi ekonomi, terutama kepada UMKM yang telah kami bina dapat diterapkan dan berdampak baik, walaupun dalam masa pandemi COVID-19 ini.

Informasi lengkap terkait KKN UBP Karawang 2021. http://kkn.ubpkarawang.ac.id/ http://lppm.ubpkarawang.ac.id/,https://www.instagram.com/lppmubpkarawang/https://www.instagram.com/kkn_pangulahselatan.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here