DaerahJawa Barat

KKN Mahasiswa UNSIKA di SMP Al Ihsan Kalijati ” Sosialisasi Penerapan Digital Storytelling “

KKN Mahasiswa Unsika Kelompok 72 di SMP Kalijati Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang

KARAWANG, JabarNet.com- Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa S1 Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat.

Pelaksanaan KKN ditujukan untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian civitas akademika Universitas Singaperbangsa Karawang terhadap berbagai permasalahan yang riil dihadapi masyarakat dan pembangunan berkelanjutan yang diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti hal nya dilakukan Mahasiswa Universitas Singaperbangsa (UNSIKA) Karawang Kelompok 72 yang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kalijati, Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang.

Kegiatan juga didampingi oleh Bapak Fauzi Miftakh, S.Pd., M. Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melaksanakan “Sosialisasi Penerapan Digital Storytelling Project dalam Pembelajaran di SMP Al Ihsan Kalijati” sebagai Program Kerja Utama dalam Kegiatan KKN Tematik-Integratif ini.

Sosialisasi ini telah dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2022 dan dihadiri oleh seluruh Guru SMP Al Ihsan Kalijati.

Ketua KKN Kelompok 72 UNSIKA Toriq Hidayatul Madinah dalam kesempatan menyampaikan,
Sosialisasi Digital Storytelling Project bertujuan untuk membuat para guru di SMP Al Ihsan menerapkan digital storytelling sebagai variasi kegiatan belajar mengajar agar siswa bisa lebih kreatif, interaktif, dan inovatif.

” Terlebih hal ini juga penting bagi pengajar karena sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2022 untuk memperkuat digitalisasi pendidikan serta meningkatkan literasi digital siswa dan guru,” Kata Toriq.

Toriq menjelaskan, Digital storytellling merupakan teknik menggabungkan keterampilan bercerita dan kemajuan teknologi aplikasi digital dengan menyisipkan gambar, suara, narasi, musik secara bersamaan.

” sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik dan tidak membosankan, ” ucap Toriq

Adapun pemateri yang menjelaskan sosialisasi tersebut adalah Bapak Fauzi Miftakh, S.Pd., M. Pd dan Ibu Indah Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd.

Dalam kesempatan, pak Taufik salahsatu guru di SMP Al Ihsan Kalijati mengatakan bahwa, Sosialisasi digital storytelling ini sangat bermanfaat baik bagi guru maupun siswa.

” membantu untuk pengembangan digitalisasi pendidikan sebagai media belajar mengajar kedepannya. Akan tetapi, terdapat kendala dalam penerapannya yaitu dalam segi fasilitas dan ketidak biasaan orang yang terlibat dalam penggunaan teknologi atau bisa kita bilang gaptek,” Kata Taufik.

” Namun, kendala tersebut memang seharusnya bisa kita atasi dan salah satunya dengan penerapan digital storytelling ini.” Ujar Taufik.

Selain itu, Mahasiswa KKN Kelompok 72 Memiliki Program Kerja Pendukung yang dilaksanakan Selama 2 bulan diantaranya Peningkatan Minat Baca Siswa SMP Al-Ihsan Kalijati Melalui Program”Pojok Literasi”,

Dan kegiatan lainnya seperti Renovasi Kamar Mandi di Yayasan Al-Ihsan, Pengadaan Pelengkapan Peralatan Upacara, Pengadaan Convex Mirror jalan, Pengajaran di SMP Al ihsan, Administrasi dan Pembukuan, Pengajaran Ngaji, Membantu Mengerjakan Pekerjaan Rumah bagi Pelajar, Pengajaran Rangkaian Lampu Flipflop, dan Membuat Batas Desa Kalijati.

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *