DaerahJawa Barat

Ketua DPRD Budianto Sentil Pemkab Karawang: Musrenbang Jangan Sampai Cerita Agenda Rapat, tapi Realisasinya Tidak ada

Budianto, Ketua DPRD Karawang diagenda Musrenbang Kabupaten Karawang

KARAWANG, JabarNet.com- Ketua DPRD Karawang Budianto sentil Pemkab Kabupaten Karawang menyebut bahwa Musrenbang ini jangan sampai cerita agenda rapat tapi realisasinya tidak ada.

Hal tersebut disampaikan Budianto pada saat sambutan diagenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) Kabupaten Karawang tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah ( RPJPD) Kabupaten Karawang tahun 2025-2045 dan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah ( RKPD ) Kabupaten Karawang tahun 2025  disalahsatu hotel Karawang, Kamis (18/4/2024).

” Dari DPRD hanya menyampaikan dan mengingatkan kembali bahwa Musrenbang ini jangan sampai nanti agenda rapat tapi realisasinya tidak ada,” ucap Budianto.

” Contoh misalnya dari Musrenbang desa termasuk Kecamatan yang sudah diusulkan begitu realisasi ternyata tidak ada, apalagi dengan siatem sekarang kita benar-benar harus mempersiapkan,  kata peribahasa ( Pemerintah pusat ongkoh titah nyieun bala-bala tapi bahannya tidak ada ) disuruh bikin ini tetapi bahannya bebeda kan jadinya nggak nyambung, sekarang berbeda tidak seperti tahun 2009 dan 2014 usulan kita bisa diadendum kalau sekarang tidak bisa, makanga semua harus dioersiapkan” terangnya.

Dalam sambutannya Budianto juga menyampaikan terwujudnya Kabupaten Karawang yang mandiri merupakan cita-cita bersama sebagai tertuang dalam Visi Kabupaten Karawang.

” Upaya pencapaian Visi tersebut diprioritaskan melalui program kerja pembangunan dalam rangka pemenuhan dan pelayanan dasar masyarakat meliputi Sektor pendidikan kesehatan, ekonomi kerakyatan, dan insfrastruktur pisik yang didukung dengan peningkatan kwalitas kinerja aparatur,” kata Budianto.

Menurut Budianto, salahsatu faktor pembantu keberhasilan kebijakan pembangunan melalui tahapan perencanaan yang matang, terukur serta memperhatikan aspirasi masyarakat.

” Musrenbang sebagai bentuk pendekatan, botton up planing merupakan forum musyawarah yang dilaksanakan secara berjenjang dimulai ditingkat desa, Kecamafan, Kabupaten dalam rangka menyerap aspirasi, inventarisasi masalah dan kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan,” katanya.

Lebih lanjut Budianto, Musrenbang RPJPD Kabupaten Karawang tahun 2025-2045  merupkan titik awal RKPD Kabupaten Karawang tahun 2025.

” Yang artinya bahwa pelaksanaan perencanaan pada tahun ini merupakan titik penting yang akan menentukan Karawang selama 20 tahun kedepan, oleh sebab itu RKPD tahun 2025 harus dirumuskan secara cermat dengan memperhatikan berbagai pelaksanaan kegiatan yang belum terealisasi terutama terkait pelayanan dasar masyarakat,” ungkap Budianto.

Dalam mewujudkan pembangunan jangka panjang Kabupaten Karawang, DPRD Karawang telah menerima surat tentang RPJPD dan telah membahas rancangan awal RPJPD.

” Ditataran komisi-komisi di DPRD karawang yang nantinya akan dilanjutkan dipembahasan Raperda RPJPD sesuai jadwal yang telah ditetapkan didalam peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

” Harapan besar kami agar Pemerintah Daerah bisa lebih memperhatikan apa yang diinginkan masyarakat Karawang dalam pembangunan baik dari sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta infsrastruktur,” ucapnya.

Diakhir sambutannya Budianto menyampaikan, pencanangan tatakelola pemerintah yang bersih dan insfrstruktur yang berkwalitas serta berkelanjutan harus ada partisifasi aktif dari perangkat Daerah dan masyarakat.

Shares:

Related Posts