DaerahJawa Barat

Hebat! Telor Asin Produk IKM Karawang Sudah Tembus Pasar Dunia

KARAWANG, JabarNet.com- Kabupaten Karawang terkenal sebagai pusat kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Karawang juga merupakan daerah penghasil beras terbesar di Indonesia, sehingga dijuluki sebagai kota lumbung padi.

Namun siapa sangka jika potensi lain seperti produksi telor asin Karawang juga ternyata sudah mendunia.

Sub Fasilitasi dan Pengembangan Sistem Informasi Bidang Industri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Ahmad Rifai kepada JabarNet.com dikantornya, Kamis 27 Januari 2022 mengatakan, produk telur asin yang diproduksi Industri Kecil Menengah (IKM) milik Bapak Ruli, yang berlokasi di Desa Tunggak Jati, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang sudah terkenal dan mampu menembus pasar luar negeri.

“Sudah terkenal sejak lama memang, Pak Ruli bersama istrinya memang pengusaha yang tekun dan ulet. Ia juga bercerita perjuangan nya mengekspor telur asin yang membutuhkan waktu cukup lama agar bisa di terima di pasar mancanegara, bahkan sempat telor asin yang mau ia kirim di kembalikan lagi,” ujar Ahmad Rifai.

Lebih lanjut Ahmad Rifai menyebut sejumlah negara yang menjadi market pemasaran telor asin produk Karawang.

“Produk nya sudah masuk ke Malaysia, Singapura, Arab Saudi bahkan Amerika Serikat,” katanya.

Ahmad Rifai pun menjelaskan telor asin yang diekapor ke sejumlah negara tersebut bukan telor asin siap mkan namun telor asin mentah.

“Jadi yang di ekspor ke luar Negeri itu telor asin mentahnya masih pake abu gosok, belum direbus, dan orang sana itu telor nya bukan untuk dimakan seperti kita, tetapi diambil kuning telurnya kemudian diolah jadi bumbu penyedap masakan,” jelasnya.

Ia juga berharap jika produk IKM Karawang lainnya bisa terus menggeliat dan bisa menembus pasar dunia.

“Selain telur asin, kita masih memiliki olahan rumput laut yang di jadikan mie, kemudian ada pindang bandeng, semoga saja dapat menyusul tembus ke mancanegara,” pungkasnya. (YM)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *