Hari Santri Nasional, PCNU Karawang Ajak Generasi Muda Cinta NKRI

Laporan : Juhadi Putra

Karawang, Memperingatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Karawang Tahun 2018, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupatan Karawang resmi membuka beberapa kegiatan di kantor PCNU Karawang di jalan Dewi Sartika Senin (15/10/2018).

Ketua Panitia Ustadz Anwar Hilmi mengatakan kepada BOTV Indonesia / Kutipan.co.id  untuk  rangkaian yang akan di gelar dalam menyambut HSN tahun ini, PCNU Karawang menggelar beberapa sapta lomba, baik untuk para santri Pondok Pesantren maupun pelajar umum di Karawang.

“Saat ini yang kami lakukan di kantor PCNU Kabupaten Karawang yakni sedang melakukan lomba membuat karya tangan kaligrafi yang akan menjadikan dasar penulisan tentang hurup – hurup kitab alquran dengan harapan bisa menumbuhkan pengetahuan yang trampil kepada para generasi muda”,


“Sebenarnya dalam sosialisasi sapta lomba yang dilakukan tidak begitu ramai, Namun peserta dari beberapa sapta lomba peringatan Hari Santri Nasional tahun 2018 ini mencapai 1.500 peserta dari 30 Kecamatan di Kabupaten Karawang,” beber Anwar.

“Alhamdulillah, pesertanya membludak. Kami tidak pernah mengira sebelumnya,” 

“Kami lebih memperkenalkan PCNU kepada generasi – generasi muda, kepada  para santri dan para pelajar untuk tetap mengawal Islam ahlussunah waljamaah assaqiah dan mengajak untuk tetap memupuk kecintaannya kepada negara kesatuan Republik Indonesia”, tutupnya.

Adapun beberapa jenis sata lomba yang dilombakan serta rangkaian Hari Santri Nasional yang digelar PCNU Karawang tahun ini, diantaranya :

1. Lombaa Kaligrafi Bidang Mushaf. Senin, 15 Oktober 2018 di kantor PCNU Karawang. Peserta adalah santri utusan MWC dengan usia 10 s/d 20 tahun (bukan jenjang sekolah).

2. Lomba Cerdas Cermat. Selasa, 16 Oktober 2018 di Kantor Kemenag Karawang. Peserta adalah santri setingkat Madrasah Aliyah.

3. Lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub. Selasa, 16 Oktober 2018 di Kantor PCNU Karawang. Peserta adalah santri setingkat MTS (Kitab Fathul Qorib) dan Madrasah Aliyah (Kitab Fathul Mu’in).

4. Lomba Pidato Kebangsaan. Rabu, 17 Oktober 2018 di Kantor PCNU Karawang. Peserta adalah santri berusia 16 s/d 25 tahun.

5. Lomba Paduan Suara Pelangi Nusantara. Kamis, 18 Oktober 2018 di Kantor PCNU Karawang. Peserta adalah pelajar setingkat SLTP dan SLTA.

6. Festival Seni Hadroh. Sabtu dan Minggu, 20-21 Oktober 2018 di Kantor PCNU Karawang. Peserta group berjumlah 15 orang.

7. Pembacaan shalawat Nariyah dan Tabligh Akbar. Minggu 21 Oktober 2018 di Kantor PCNU Karawang.

8. Upacara Hari Santri Nasional. Senin, 22 Oktober 2018 di Lapangan Karangpawitan (tanggal dan lokasi acara masih konfirmasi)

9. Minggu, 28 Oktober 2018. Peserta masyarakat umum (bukan hanya kiyai maupun santri).

10. Seminar Islam Nusantara. 31 Oktober 2018. Peserta adalah umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here