DaerahJawa Barat

DLHK Karawang Rencanakan Inovasi Pelayanan Sampah dan Pembayaran Melalui Aplikasi

KARAWANG, JabarNet.com– Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang tengah berupaya membuat aplikasi sistem pelayanan persampahan dan serta Pembayarannya.

Demikian diungkapkan Kabid Kebersihan DLHK Karawang Guruh Sapta, saat ditemui dikantornya.(22/04/2021)

Dijelaskan Guruh, aplikasi ini seperti hal nya pemesanan Gojek.

“Cara pesannya yah seperti gojek, itu yang akan kita terapkan, tetapi kita masih terus konsultasi dengan Diskominfo, ” Terang Guruh.

Kemudian menurut Guruh, yang nantinya ketika membutuhkan pelayanan pengangkutan sampah, bisa melalui aplikasi tersebut.

“Jadi ketika butuh pelayanan untuk angkut bisa melalui aplikasi, sesuai pesanan sebelum sampah ditarik sudah dibayar, dan bayarnya langsung ke KAS daerah,” Ungkapnya.

“Kalau sudah ada aplikasi itu bisa terkonek semua, pembayaran bisa melalui alfamart atau indomaret, jadi pembayaran bisa diloket mana saja, tidak harus ke Bjb,” Jelas Guruh.

Guruh juga mengatakan, sekarang ini pembayaran sampah dari perusahaan sudah langsung kerekening kas daerah, tidak melalui DLHK.

“untuk saat ini memang belum sempurna, nanti kita akan inovasi lagi, untuk rencana aplikasi ini tengah dibahas di internal kita, dan surat pengajuan sudah kita layangkan ke Diskominfo” Katanya.

Adapun kelebihan aplikasi ini bila memungkinkan setiap unit kendaraan angkutan sampah pun sudah terkonek.

” Nanti kendaraan angkut sampah kita itu supirnya sudah terkonek dengan aplikasi, misalnya ketika ada order tinggal berangkat, tinggal nanti menyisihkan mobil angkutan yang memang sudah ada di TPS (Tempat Pembuangan Sampah) umum, ” Ungkap Guruh.

” Harapannya sih semoga rencana aplikasi ini terealisasi,” Tutupnya.

Sementara ditempat terpisah, Kadis DLHK Karawang Wawan Setiawan dikonfirmasi via ponselnya, rencana inovasi yang akan dilakukan DLHK terkait pelayanan dan pembayaran melalui aplikasi, menurutnya masih diformulasikan dan disempurnakan.

” masih diformulasikan dan disempurnakan” Singkatnya (Wan).

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *