Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Siap Gandeng Pengusaha Ke Era Digital 4.0 ” Barcode”

119


KARAWANG, JabarNet.com- Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang bekerjasama dengan Yayasan Teknologi Indonesia ( Inotek ) dan Sampoerna Untuk Indonesia ( SUI ) menggelar acara Akselerasi Wirausaha bagi UMKM sebagai bagian dari Program Build Back Nasional Economy Better (BBNEB ) dengan tajuk Transformasi UMKM 4.0 dengan barcode di Resinda Hotel pada hari Sabtu, 27 November 2021.

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro ( P3UM ) Dinkopukm Kabupaten Karawang, Leoni Whisnuwardhani mengatakan, Transformasi 4.0 UMKM dengan Barcode ini merupakan rangkaian lanjutan dari Kegiatan Transformasi Wirausaha bagi UMKM yang digelar selama 3 ( tiga ) hari mulai hari Jumat ( 26 November 2021) sampai dengan Minggu ( 28 November 2021 ).

” yang terdiri dari Pelatihan Usaha Lestari, Transformasi 4.0 bagi UMKM melalui Barcode, Pelatihan Hak Kekayaan Intelektual ( HKI ) atau Pendaftaran Merk serta Kerjasama Kemitraan antara UMKM Karawang dengan SRC ( Sampoerna Retail Community ) Karawang,” Ungkap Leoni Whisnuwardhani kepada JabarNet.com.

” dimana sebanyak 20 Produk UMKM akan dipasarkan di 15 toko retail SRC di Kab Karawang sebagai project awalan kerjasama antara SRC dan UMKM Karawang yang lolos kurasi dari pihak SRC” ucap Leoni.

Dalam persaingan dunia bisnis yang semakin global, dituntut ketepatan, kecepatan dan akurasi data yang tinggi, dimana data- data tersebut dapat diwakili oleh Kombinasi garis – garis hitam dan putih yang dikenal dengan sebutan Barcode, tulisan yang hanya dapat dibaca oleh perangkat scanner.

” Keuntungan Produk yang sudah menggunakan barcode tidak hanya memudahkan saat pembayaran di kasir, melainkan juga bisa menginformasikan banyak data terkait produk yang dijual, selain itu barcode akan memudahkan produk untuk bisa dijual ke pasar ritel” lanjutnya.

Pada hari ini sudah diserahterimakan 43 barcode produk UMKM kepada 43 pelaku UMKM Karawang dengan harapan produk-produk UMKM bisa lebih bersaing di pasar yang lebih luas.

Tandreas Sianturi salah satu pelaku UMKM, owner Produk KriPick mengatakan, bahwa dengan terselenggaranya kegiatan ini membantu para UMKM di Kabupaten Karawang untuk lebih maju dan siap bersaing di pasar yang lebih luas.”tandasnya (YM/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here