DaerahJawa Barat

Belum Ada Gedung Seni, Kelompok Pakar DPRD Nace Sebut Disparpud Karawang Belum Sentuh Seniman Keseluruhan

KARAWANG, JabarNet.com– Kelompok pakar DPRD Karawang Bidang Seni dan Budaya Nace Permana menyarankan Pemkab Karawang agar segera memiliki gedung kesenian.

Pasalnya menurut Nace , Seniman di Karawang belum memiliki wadah bahkan dalam sisi administrasi banyak ketinggalan.

” Karawang belum punya gedung seni untuk wadah seniman, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) hari ini belum menyentuh seniman keseluruhan, karena anggaran APBD dibidang seni itu masih rendah,” Ungkap Nace, Senin (27/6).

Nace menyebut minimnya anggaran APBD dibidang seni menjadi kendala para seniman yang sudah berkarya untuk bantuan dari segi anggaran.

” Maka yang kita kerjakan hari ini Peraturan Daerah (PERDA) tingkat Provinsi yang mana nanti bisa diakses oleh Pemerintah Daerah tingkat Kabupaten dan dijadikan PERDA turunan” Kata Nace.

” Yang nantinya PERDA ini salahsatu yang memberikan jaminan peluang bagi masyarakat pelaku seni,” Timpal Nace.

Nace mengatakan, minimnya anggaran di bidang seni, ia menilai Pemkab tidak berpihak kepada seniman.

” Keberpihakan Pemda terhadap seniman itu masih lemah, yah buktinya waktu Covid ketika tidak bisa manggung, pemkab tidak bisa memberikan solusi, sementara para seniman ini kan harus memenuhi kebutuhan hidupnya,” Katanya.

Maka dari itu, selaku kelompok pakar bidang seni dan Budaya di DPRD Karawang, Nace akan memberikan saran dan masukan kepada Komisi-komisi DPRD yang membidangi Seni dan Budaya.

” Salahsatunya yah tadi kedepannya supaya ada penganggaran untuk gedung kesenian, gedung musium, ada database kepemilikan benda-benda pusaka yang memang milik pemda Karawang,” Tutupnya.(Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *