DaerahJawa Barat

35 Rumah Warga di Rengasdengklok Rusak Akibat Angin Puting Beliung


KARAWANG, JabarNet.com- Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada hari Sabtu (11/12) sekitar pukul 5 sore mengakibatkan 35 rumah warga Desa Kertasari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang mengalami kerusakan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Yasin Nasrudin setelah melakukan Asessmen kelokasi TKP.

” Lokasi kejadian persisnya didesa Kertasari Kecamatan Rengasdengklok, pada hari sabtu terjadi hujan deras disertai angin kencang dan tumbangnya pohon sehingga memporak-porandakan rumah warga,” Ungkap Yasin ditemui dikantornya, Senin (13/12).

Akibatnya, menurut Yasin sebanyak 35 rumah warga mengalami rusak ringan, rusak sedang, hingga rusak berat.

” Sebelumnya kita mendapatkan laporan ada 45 rumah warga yang rusak, namun setelah diterjunkan tim BPBD asesment kelokasi hari ini ternyata hanya ada 35 rumah warga rusak akibat angin puting beliung, yang rusak ringan 33 rumah, rusak sedang 1 rumah dan rusak berat 1 rumah, untuk korban jiwa tidak ada” Terangnya.

Dikatakan Yasin, hasil asesmen data yang berhasil dihimpun oleh tim BPBD akan diusulkan ke Bupati, agar setiap warga yang rumahnya terdampak diberikan bantuan stimulan.

” Nantinya hasil asesment ini dilaporkan ke Bupati untuk diberikan bantuan stimulan, besarannya tergantung kerusakan, rusak ringan diberikan bantuan sebesar 1,5 juta, rusak sedang 2,5 juta dan rusak berat 3,5 juta,” Katanya.

Dengan kejadian bencana yang melanda di Kabupaten Karawang, Yasin mengingatkan kepada warga Karawang agar selalu hati-hati dan waspada disaat musim hujan.

” Kita berpesan kepada masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada karena curah hujan sudah mulai tinggi diperkirakan sampai bulan maret 2022, di prediksi bulan Pebruari pun curah hujan cukup tinggi,” Pungkasnya. (Wan)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *