DaerahJawa Barat

3 Mahasiswa Unsika Boyong Penghargaan Internasional

KARAWANG, JabarNet.com– 3 dari 9 peserta perwakilan mahasiswa Unsika berhasil memboyong 3 juara pada event Internasional.

Tentu saja hal ini sangat membanggakan  putra-putri Karawang bisa meraih prestasi dikancah Internasional yang bertajuk KKN Bersama Internasional diselenggarakan Forum Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat 2024, yang dilaksanakan sejak 4 Agustus 2024 sampai 5 September 2024 di Wilayah Sumatera Utara.

3 mahasiswa yang meraih penghargaan tersebut, yaitu Aung  Thu Zin Fakultas Pertanian (Faperta) Unsika asal Myanmar sebagai Juara 1 kategori Peserta Paling Aktif  (1st Winner Most Active Participant), Zuhro Rabieva mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (KKIP) asal Tajikistan sebagai Juara 1 kategori Peserta Internasional Terbaik (1st Winner Best International Participant), dan Fathima Nadha Mohamed mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) asal Srilanka sebagai Juara 2 Peserta Internasional.

Terbaik (2nd Winner Best International Participant). Ketiganya, secara simbolis mendapatkan sertifikat dan plakat penghargaan internasional dari Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si, yang disaksikan Rektor Unsika, Prof. Dr. H. Ade Maman Suherman, M.Sc, Ketua LPPM Unsika Dr. Dayat Hidayat, M.Pd, dan sejumlah tamu undangan perwakilan dari 32 PTN se-Indonesia.

Rektor Unsika, Prof. Dr. H. Ade Maman Suherman, M.Sc, sangat mengapresiasi raihan prestasi yang yang didapatkan para mahasiswanya. “Ini wajib disyukuri. Saya tentunya senang alhamdulillah, sangat bangga dengan raihan mahasiswa yang baru saja mendapat penghargaan ini. Ini titik awal sebagai motivasi selanjutnya bisa menambah prestasi lainnya sejalan dengan tagline Unsika kita yaitu humanis, berdaya saing, dan mendunia,” ujarnya
sumringah, ketika dihubungi pada penutupan KKN Bersama Internasional, di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu malam (04/09/2024).

Menurut Prof. Dr. H. Ade Maman Suherman, M.Sc, prestasi mahasiswa akan sangat berdampak terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) khususnya IKU 2 universitas.

“Saya juga berterima kasih kepada tim kerja dari LPPM Unsika yang terus bekerja, berbenah, dan mengembangkan berbagai program di bidang penelitian, pengabdian, KKN, publikasi dan lainnya,” ujar Rektor Unsika, yang diamini Ketua LPPM Unsika, Dr. Dayat Hidayat, M.Pd.

Kepala LPPM Unsika Dr. Dayat Hidayat, S.Pd., M.Pd, menuturkan Pelaksanaan KKN Bersama ini memberikan banyak dampak positif diantaranya memberikan pembelajaran dan pengalaman baru pada peserta mahasiswa, peningkatan capaian kinerja lembaga, serta menjalin ikatan silaturahmi pimpinan PTN khususnya Para Rektor dan Para Kepala Lembaga. KKN Bersama Internasional Tahun 2024 yang diselenggarakan USU merupakan yang pertama dan sukses dilaksanakan.

KKN Bersama Internasional Tahun 2025 selanjutnya rencananya akan dilaksanakan di Lampung dengan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sebagai tuan rumah penyelenggara. Unsika akan kembali berpartisipasi dalam kegiatan KKN Bersama Internasional BKS PTN Wilayah Barat Tahun 2025.***

Shares:

Related Posts