DaerahJawa Barat

27 Rumah di Karawang Alami Retak-retak Dampak Penelitian Seismik 3D Kepuh Pertamina, Warga Minta Ganti Rugi

Rumah Retak Akibat Pertamina

KARAWANG, JabarNer.com – Sebanyak 27 rumah di Kabupaten Karawang dilaporkan mengalami retak-retak akibat dampak penelitian Seismik 3D Kepuh Pertamina.

Salahsatunya rumah Sumarni Warga Kampung Wagir RT 05 RW 02, Desa Darawolong, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, ia mengeluhkan dampak ledakan dari proses pencarian sumber minyak PT Pertamina EP..

Sumarni mengatakan, sejauh ini dirinya telah melaporkan ke pihak Pertamina, namun alhasil tak kunjung ada perbaikan.

” ini rumah saya pada retak retak terus saya udah lapor ke pertamina, katanya mau digantiĀ  mau di benerin sama orang Pertamina, ” ungkapnya, kepada JabarNet.com, Minggu (19/11/2023)…

” Sudah 15 hari Aku lapor, katanya mau ada pekerja, sama material dari pertamina, ibu nggak usah takut sampai ngecat ngecatnya pokonya sampai beres, ibu jangan takut, tapi sampai sekarang belum ada juga akuĀ  belum tau kapan dibenerin nya,” ucap Sumarni.

Tak hanya itu, Sumarni pun telah melaporkan dinding rumahnya retak dampak Pertamina ke pihak RT

” Aku udah lapor ke RT katanya harus ke RT dulu, sampai sekarang masih belum ada kabar, terus aku lapor ke orang pertamina yang kerja lewat ke sini, langsung aja aku ngomong terus dari pertamina ada yang datang mhotoin rumah,tapi setelah itu belum ada lagi yang datang,”ungkapnya.

Sumarni menyesalkan rumah hasil jerih payahnya bekerja diluar Negeri sebelumnya tidak mengalami kerusakan, kini dindingnya retak-retak.

” Dari orang Pertamina bilang, ‘ pertamina atau pemerintah juga tidak akan merugikan masyarakatnya gitu dia ngomongnya,”kata Sumani.

” aku ingin punya rumah seperti ini pergi keluar negeri 18 tahun, pokoknya aku ingin di benerin seperti semula,”tandasnya.

Sementara itu Sudarsono Kepala Dusun 2 Desa Darawolong mengatakan, sebelumnya tidak ada retakan di rumah warga, namun setelah proses penelitian Seismik 3D Kepuh Pertamina yang melibatkan pengeboran dan peledakan, dampaknya rumah warga mengalami keretakan.

“Warga kami menuntut agar pihak Pertamina Seismik 3D Kepuh segera bertanggung jawab atas kerusakan ini,” Pungkasnya.(Joe)

Shares:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *